by

Waspada, Begini Cara Pelaku Skimming ATM Kuras Saldo Nasabah di NTB

Wartaindonews, Mataram – Pelaku skimming asal Turki, Yunus Emre Senbayik (38) telah ditangkap. Ia dibekuk saat menjalankan aksinya di Kota Mataram, NTB.

Ia tidak bekerja sendirian. Namun melibatkan jaringan internasional. Berdasarkan hasil penyidikan Polres Mataram Mataram, Yunus berperan sebagai pengambil data nasabah bank. Sasarannya nasabah bank BNI.

’’Pelaku ini bekerja dengan jaringan internasional,’’ kata Kasat Reskrim Polresta Mataram AKP Joko Tamtomo kepada wartawan, Selasa (24/12/2019).

Untuk mencuri data nasabah, pelaku memasang seperangkat alat Skimming berupa Router yang dilengkapi Flasdisk dan alat CCTV. Alat itu yang merekam data-data nasabah yang melakukan transaksi di ATM.

’’Jadi alat itu disimpan di atas tombol ATM untuk merekam data eletronik nasabah. Misalkan nomor PIN dan rekening nasabah,’’ bebernya.

Setelah mendapatkan data-data nasabah, pelaku mengirim ke jaringannya di luar negeri. Kemudian pelaku dan jaringannya menguras saldo milik nasabah.

’’Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada. Periksa dulu setiap melakukan transaksi di ATM,’’ imbaunya.

Sebagai informasi, Satuan Reskrim Polresta Mataram berhasil menangkap pelaku skimming ATM asal Turki, Yunus Emre Senbayik (38), pekan lalu. Ia ditangkap saat beraksi di ATM Bank BNI di depan UD. Karya Indah Jalan Lingkar Selatan.

Dari tangan turis yang datang melancong ke Lombok ini, petugas mengamankan barang bukti diantaranya router, tiga flashdisk, dua HP, CCTV, 19 kartu member alfamart, kartu akses kamar wara putih, tas, laptop, baterai kecil, dua dobletip, gunting, motor, dan lainnya. (hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed