by

Warga Sendang Karang Berswadaya Dalam Pembangunan Jalan

-Daerah-394 views

Wartaindonews, Sragen – Pembangunan suatu daerah tidak selalu bergantung pada dana pemerintah saja. Dana swadaya masyarakat bisa menjadi alternatif. Hal ini sudah dibuktikan oleh masyarakat dukuh Sendang karang rt 08, Desa GenengDuwur, Gemolong, Sragen. Mereka melakukan pengecoran jalan dikisaran Tugu, sepanjang 25 meter dengan lebar 5 meter secara swadaya.

Adi sebagai Tokoh pemuda dukuh sendang karang rt 08, Minggu (18/8/2019), mengatakan, inisiatif warga untuk membangun jalan secara swadaya agar jalan disekitaran Tugu menjadi lebih rata dan nyaman untuk dilalui para pengguna jalan, mereka pun memutuskan untuk membangun secara kolektif.

Sebelumnya jalan penghubung ini, terjadi becek jika dimusim hujan dan berdebu ketika musim panas. Mereka sadar untuk memajukan daerahnya akses jalan menjadi kunci utama. Semakin mudah diakses maka daerah tersebut akan mudah dikenal masyarakat luar. Alasan inilah yang menggugah semangat mereka. “Bila kesadaran masyarakat untuk swadaya makin tinggi, angka kemiskinan akan terus berkurang,” kata Adi.

Dana untuk pembangunan jalan dikumpulkan dengan cara kolektif. per kepala keluarga di bebankan sebesar Rp 50.000,- dan lebih diatas nominal itu bagi yang mampu. serta ada yang menyumbang berwujud material seperti semen koral dan pasir.

Dan bagi warga rt 08 yang tidak dapat hadir dalam turut melaksanakan pengecoran jalan dikenakan sanksi denda sebesar rp.85.000,- itu diharapkan agar Warga Dapat mengutamakan kebersamaan dalam bergotong royong bahu membahu.

Menurut Adi Pembangunan di dukuh sendang karang Geneng Duwur, sejak awal masyarakatnya sudah mengedepankan kemandirian dan tradisi tolong-menolong. Dalam pengecoran jalan tersebut Hadir pula mantan kades Geneng Duwur Sri lestari S.H yang juga akan maju lagi dalam pilkades mendatang. kehadirannya mendatangi pengecoran jalan yang dilakukan warga dusun sendang karang Geneng duwur karena melihat kekompakan dan inisiatif mereka dalam turut berperan dalam bidang pembangunan, dan turut senang serta mengapresiasi kegiatan tersebut. (Adiat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed