by

Warga Desa Jambanan Sragen, Tolak Money Politik di Pemilu 2019

-Daerah-365 views

Wartaindonews, SRAGEN – Belasan warga di Desa Jambanan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen ramai-ramai mengelar aksi pasang spanduk dan MMT tolak Money Politik di Pemilu 2019.

Spanduk tersebut di pasang oleh warga di sepanjang jalan dan lokasi yang ramai dilewati masyarakat kampung dan penguna jalan yang lain. Belasan spanduk tersebut bertuliskan ajakan kepada warga dan masyarakat yang lain, “ Amlope tomponen, ojo mbok pilih wonge lan partaine, rakyat cinta Pemilu Damai,”.

Tidak Hanya itu Warga juga membentangkan MMT di tengah jalan yang bertuliskan “Pelanggaran Pemilu tentang Money Politik (Amplopan)“.

Pasal 523 (2) : Setiap pelaksana, peserta, dan/ tim kampanye pemilu yang dengan sengaja pada masa tenang menjanjikan atau memberikan imbalan uang atau materi lainnya kepada pemilih secara langsung ataupun tidak langsung sebagaimana dimaksud dalam pasal 278 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak Rp. 48.000.000 (empat puluh delapan juta rupiah).

Sementara itu, Karyono (41) salah satu warga Jambanan saat ditemui tim Wartaindonews usai memasang spanduk anti Money Politik menyampaikan bahwa, aksi pemasangan spanduk diseluruh sudut Desa tersebut dilatar belakangi sesuai praturan KPU dan Undang Undang. “Kami semua menolak adanya money politik dilingkungan kami, ini tadi ada 20an spanduk yang telah kami pasang di seluruh sudut Desa, karena ini murni kesadaran dari warga. Karena kami semua menghendaki pemilu 2019 murni tanpa ada money politik,” kata Karyono, Kamis (11/04/2019).

Tidak hanya itu, usai pemasangan Spanduk dan MMT ini kedepan masyarakat akan melakukan pengawasan. “Kami dari warga Jambanan sudah ada beberapa tim yang khusus mengawasi kampung-kampung atau RT diwilayah kami untuk para relawan supaya tidak ada money politik dan suap,” Terang dia.

Warga Jambanan juga tidak segan–segan jika mengetahui dan menangkap tim relawan Caleg dan Tim sukses Partai Politik yang main Money Politik di Desa Jambanan, akan segera dilaporkan pada Polisi. “kami siap melaporkan pada pihak yang berwajib, kalau sampai sekarang belum ada. himbuan kami kepada warga Jambanan dan warga Sragen lainnya untuk menolak money politik. Karena itu akan menghancurkan masa depan Sragen,” Ujarnya. (Hme17)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed