by

Wakil Walikota Malang Usulkan Wisata Susur Sungai saat Festival Kampung Putih

-Nasional-14 views

Wartaindonews, Malang – Pandemi Covid tidak menyulutkan semangat bagi para pegiat wisata kampung tematik di Kota Malang. Kampung tematik justru mengambil momentun untuk menjadikan kampungnya jadi wahana sosialisasi ketaatan terhadap protokol kesehatan.

Salah satunya Kampung Putih yang mengidentifikasi sebagai kampung bersih bersinar kampung sehat covid dan kampung tangguh pada hari Minggu menyelenggarakan Festival Kampung Putih (18/10)

Kampung yang berada di RT 4, 5, 6 dan 7 RW 6 Kelurahan Klojen Kecamatan Klojen Kota Malang ini berada samping selatan RSUD Dr. Saiful Anwar (RSAA) Pintu masuk sebelah timur sampai pergola jembatan Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Malang ini mengawali festival dengan senam Covid-19.

Rangkaian acara lainnya adalah Bazar UMKM Kampung Putih, menanam pohong di bantaran sungai serta penampilan seni warga dan Paguyupan Kakang Mbakyu Cilik Kota Malang Archie Aksan Bintang Pratama, Adnan Java Sulaiman, Keyla Zheelva Nadira Putri,

Hadir dalam acara Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi peran Babinsa, Babinkantipmas Kelurahan dan Kelompok Sadar Wisata Kampung Putih serta warga RW 6 sudah membangun kampungnya menjadi kampung wisata.

” Wisata susur sungai perlu di garap mulai dari kampung putih sampai kampung biru arema, Tridi dan warna warni”. Agar masyarakat sekitar bantaran sungai brantas ini peduli tehadap lingkungan. Ini menarik dan bisa menjadi objek wisata manca negara karena yang beginian tidak ada disana. Usul wawali saat penanaman pohon.

Pada saat pembukaan acara Ki Demang Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang menyampaikan perlunya sinergisitas antara Kampung Putih dengan institusi sekitarnya. “Kampung ini bisa menjadi percontohan kampung sehat berseri dan tangguh di Kota Malang karena dekat dengan RSAA”. Kampung Putih juga bisa menjadi kampung edukasi kesehatan masyarakat, Ujar Isa Wahyudi yang memiliki nama sebenarnya.

Ismail selaku Ketua Pokdarwis Kampung Putih merasa senang dan gembira bahwa acaranya didatangi banyak pihak Diantaranya pihak Kelurahan, Kecamatan Kakang Mbakyu Cilik Kota Malang, Duta Budaya dan Museum Kota Malang, Forkom Pokdarwis hingga Wawali Kota Malang

“Ini kebangkitan kita sebagai orang kampung saat festival ini mendapatkan banyak masukan untuk pengembangan kampung ini”. Sehingga kami bisa bergerak kembali pasca pandemi Covid 19 ini. Tambah Ismail.

Perlu di ketahui Kampung Putih ini dilaunching sejak 5 Agustus 2017. terinspirasi dari Kampung Putih di China berkat Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Inti Daya Guna Aneka Warna menciptakan Kampung Putih. Potensinya adalah kerjasama dengan RSAA, BCA, PLN dan Edupark Brawijaya jika wisata susur sungai bisa terealisasi. (Ki Demang)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed