by

Wahyu Kantentreman, Mengumandang Dalam Acara Bersih Desa di Joho Lor, Giriwono, Wonogiri

-Daerah-953 views

Wartaindonews, Wonogiri – Kangjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, BA dari Keraton Kasunanan Surakarta memberikan orasi budaya dalam pembukaan prosesi bersih dusun Ling, Desa Joho Lor, Giriwono, Wonogiri, 18/08/2019.

Dalam sambutannya KGPH Puger menjelaskan mengenai makna bersih dusun yang sebenarnya itu berpijak dari ritual pembersihan diri pribadi dari watak angkara dan segala sesuatu yg buruk. “Istilahnya itu wilujengan bukan ruwatan. Dan wilujeng atau selamat itu dimulai dari menjaga pribadi kita dari sesuatu yang buruk dan jahat,” beber KGPH Puger.

Lebih lanjut KGPH Puger juga menjelaskan jika acara bersih dusun dari dulu sebenarnya merupakan prosesi permohonan kepada Tuhan, sehingga seluruh warga desa diberikan kesehatan, kedamaian, dan keselamatan. “Juga ujud syukur kepada Allah, karena limpahan nikmatNYA yang luar biasa kepada kita semua,” lanjut KGPH Puger

Acara kemudian dilanjutkan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Indrajit yang membawakan lakon Wahyu Katentreman.

Selain KGPH Puger, acara bersih dusun itu juga dihadiri Asri Purwanti ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jawa Tengah periode 2019-2024

Acara ini bisa berjalan disponsori oleh Bp.Setiawan, S.M., M.Si. , AD 1 PM Family Soloraya.
Bp. Sukiman sebagai ketua RT Sekaligus Ketua Panitia.

Menurut Bp. Sayata selaku ketua LPM Kel.Giriwono, mengatakan bahwa acara bersih desa seperti ini sudah berjalan sejak jaman dulu nenek moyang kita disini. (Deniawan Tommy)

Kontributor

Comment

Leave a Reply