by

Tim Krenova Klaten Mendominasi Lomba Krenova se-Soloraya

-Daerah-52 views

Wartaindonews, Solo – Hasil terbaik diraih tim Krenova (Kreatif dan inovasi) Klaten kategori pelajar di ajang Lomba Krenova Se-Solo Raya yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen, jumat (4/10/2019) lalu.

Leony Vita Artanti yang tercatat sebagai pelajar SMA Negeri 1 Klaten dengan inovasi berupa WASPION atau Wayang Sampah Plastik Lampion meraih Juara 1. Sedangkan Luqman Arif Rachman, Danu Pratomo, Ridha Nurrachmat, Rayhan Aswiansyah, Fatwa Imam Maulana perwakilan SMK Negeri 2 Klaten berhasil menggondol Juara 2 dengan inovasi produk berupa SMART STICK.

Kepala Bidang Penelitian Pengembangan Pengendalian dan Evaluasi (PPPE) Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Klaten Muhammad Umar Said yang mendampingi tim krenova Klaten menjelaskan ajang krenova tahun ini sangat ketat persaingannya.

Ada empat aspek penilaian yang dinilai dewan juri yakni orisinalitas, manfaat, nilai komersial dan keberlanjutan produk.

Keunikan inovasi Leony Vita Artanti dengan Waspion dan mencuri perhatian dewan juri dan pengunjung adalah pemanfaatan sampah plastik. Lampu lampion itu dihiasi dengan potongan sampah plastik. Ini yang menarik” kata Umar Said.

Ditambahkan Umar, tidak kalah menarik inovasi tim krenova SMK Negeri Klaten dengan Smart Stick.

Inovasi ini akan sangat membantu kaum difabel khususnya penderita tuna netra. Inovasi Smart Stick khusus untuk tuna netra ini dilengkapi sensor getar. Apabila jarak 1meter ada benda yang menghalangi atau mengganggu, maka tongkat ini akan bergetar. Selain itu tongkat juga dilengkapi lampu mata kucing, sehingga biar pun pemakainya berjalan di tempat gelap, bisa dilihat orang disekitar.

“Temuan Smart Stick ini juga dilengkapi dengan GPS alias Global Positioning Systems. Jika tuna netra ini hilang atau tersasar bisa dilacak keberadaannya. Semoga inovasi ini bermanfaat bagi masyarakat” tegas Umar Said.
(Joko Priyono)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed