by

Tim KKN UNS Selenggarakan Workshop Pembuatan Biopestisida Bersama Gapoktan Desa Pandean

-Daerah-240 views

Wartaindonews, Ngawi – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Desa Pandean, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan biopestisida pada Minggu (23/02) di Aula Balai Desa Pandean.

Agenda tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa Pandean, PPL Kecamatan Karanganyar, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Materi mengenai pestisida organik disampaikan oleh Dosen Progam Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian UNS, Raden Kunto Adi yang sekaligus menjadi fasilitator.

Biopestisida atau pestisida hayati adalah pestisida yang bahan utamanya bersumber dari bahan hayati makhluk hidup seperti mikroorganisme, bakteri, cendawan, nematode, atau virus. Biopestisida ini digunakan untuk mengendalikan hama atau penyakit yang mengganggu, merusak, atau menyerang tanaman atau tumbuhan.

Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar keprihatinan terhadap hasil pertanian Desa Pandean yang mengalami penurunan akibat serangan hama ulat.

“Biopestisida ini tidak mengandung zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Hal ini tentunya berbeda dengan pestisida yang berbasis kimia, karena pestisida kimia mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan,” papar Kunto.

Pihaknya juga menjelaskan mengenai mekanisme pembuatan biopestisida menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan oleh para petani. Kegiatan tersebut dimulai dengan penyampaian materi yang kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan pestisida yang dibimbing langsung oleh Kunto.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat biopestisida ini antara lain brotowali, kunyit, bawang putih, cabai, temulawak, dan lengkuas.

“Bahan-bahan yang tadi sudah disiapkan dapat langsung dihaluskan, bisa dengan cara diblender atau ditumbuk. Setelah tercampur, cairan biopestisida tersebut dimasukkan ke dalam toples dan difermentasi selama satu hari satu malam sebelum dapat digunakan,” ujarnya menambahkan. (Agista)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed