by

Tiga Pertandingan di Iringi Hujan, Jelang Peresmian Lapangan Dan Uji Coba Stadion Manahan

-Daerah-439 views

Wartaindonews, Surakarta – Ada tiga pertandingan sepakbola yang digelar dalam peresmian sekaligus peringatan hari jadi Kota Surakarta ke-275 dan suporter fanatik Persis Solo, Pasoepati, ke-20. Pertandingan yang di sertai dengan guyuran hujan, sabtu (15/02/2020).

Salah satu pertandingan bertajuk Anniversary Match tersebut mempertemukan kesebelasan Pemprov Jateng yang diperkuat oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Plh Sekda Jawa Tengah Herru Setiadhie melawan kesebelasan Pemkot Surakarta yang diperkuat Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Kedua tim ini sama kuatnya dan mengakhiri pertandingan dengan skor 1-1.

Pertandingan lain mempertemukan dua tim sarat sejarah di persepakbolaan Indonesia, yaitu Persis Solo dan Persib Bandung. Dalam pertandingan ini tuan rumah harus mengakui keunggulan tim tamu yang datang dengan sejumlah pemain berlabel bintang sepakbola Indonesia. Satu pertandingan lain adalah kesebelasan suporter Pasoepati melawan tim jurnalis Solo.

Menurut Plh Sekda Jateng Herru Setiadhie, ada dua makna dari pertandingan tersebut. Pertama, membangun persahabatan dengan Pemkot Surakarta, tidak hanya kemitraan pelaksanan tugas tetapi juga bagaimana membangun silaturahmi melalui pertandingan persahabatan. Kedua, ini juga mengawali atau sekaligus manghayubagya peresmian Stadion Manahan serta hari jadi Kota Surakarta.

” Tadi main sekitar 10-15 menit. Kita enjoy saja, yang penting kita giliran bareng-bareng. Alhamdulillah sehat,” katanya.

Herru diketahui bermain sejak menit pertama. Ia mengisi pos winger kanan dalam formasi 4-3-3 menemani penyerang tengah yang ditempati Ganjar Pranowo. Sebelum digantikan pada pertengahan babak pertama, Herru yang mengenakan nomor punggung 3 tersebut berhasil menghibur penonton yang hadir.

Terkait Stadion Manahan, Herru menjelaskan, Manahan merupakan stadion bersejarah. Stadion tersebut telah selesai direnovasi dan merupakan mini Gelora Bung Karno (GBK). Stadion Manahan juga menjadi salah satu stadion penunjang untuk gelaran Piala Dunia U20 pada 2021 mendatang.

” Jadi kita melihat sarana dan prasarananya cukup representatif. Mudah-mudahan ini bisa kita pertahankan dan bisa meningkatkan prestasi nasional dan Jawa Tengah,” ungkap Herru.

Sementara itu, peresmian Stadion Manahan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) 30 menit usai pertandingan antara Pemprov Jateng dengan Pemkot Surakarta. Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan pemberian bola secara simbolis. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan setelah renovasi besar-besaran, Stadion Manahan menjadi semakin megah akhirnya dapat digunakan kembali untuk menggelar pertandingan. Ia berharap Stadion Manahan segera ditetapkan sebagai salah satu stadion untuk Piala Dunia U20.

” Kita bersama bisa melihat laga internasional di stadion ini. Mari bersama kita rawat dan jaga stadion ini,” katanya. (Hms/Rinto)

Kontributor

Comment

Leave a Reply