by

Teknik Ecoprint “RONNING KAYUN”

-Daerah-328 views

Wartaindonews, Yogyakarta – Daun bisa menjadi pusat aktivitas kreasi dari beragam pembentukan unsur-unsur dan persenyawaan yang Unik, Saintis hingga Magis Mistik.

Dari dapurnya kehidupan pohon dan bertumbuhnya tumbuhan liar sampai pada tanaman yang sudah dikenal yang secara kuno, modern, klasik sudah di budidayakan didalam ruang kerja domestik oleh manusia.

Dengan kesadaran ini kita berhasil memasuki ruang dan dimensi keagungan Tuhan dari Spirit atas bau, rasa, warna dan daya dalam daun dan dedaunan tumbuhan dan tanaman yang bermanfaat bagi kehidupan di alam raya dan seisinya.

Melalui seni teknik terlatih terasah teruji dari Ecoprint yang dimotori oleh Ikaria, di Kota Jogyakarta ini, jelas kita bisa melihat dan merasakan didalam kain-kain bermotif dedaunan tersebut, ada sentuhan tangan seniwati artistik, yang telah melahirkan salah satu genre baru dalam TeknikEcoprint berbranding “RONNING KAYUN”, yaitu perpaduan seni berinisiasi dan berinspirasi, berdaya spirit dari energi kreatif yang terekam dan tersuling berlapis-lapis pada serat-serat kayu tumbuhan dan tanaman yang sangat khas dan unik itu, semua diproses dengan, dalam dan bersama serangkaian alat berteknologi halus didalam seluruh rangkaian penuh pada dedaunan itu.

Sungguh luar biasa, dengan tersedianya bahan-bahan alami dan pewarna alami, yang diproses dan diproduksi. Semua itu sudah ada pada daun daun dan dedaunan yang kita sering abaikan, yang biasa kita lalaikan, bahkan tanpa sadar ingin kita musnahkan dari bumi semesta ini.

Hebatnya karakter tiap lembar daun, dan racikan ramuan pewarna alami tersebut, menjadi nampak dan muncul pada kain-kain hasil seni Teknik ECOPRINT tersebut, keberadaan dan kehadirannya semakin bermakna, terasa indah anggun dan membanggakan.

Dengan perpaduan ini daun dengan segenap kandungan jiwa dan spirit didalamnya, sekarang menjadi sumber bidang garap dan sumber seni budaya alam, seni kuno modern klasik dari Teknik ECOPRINT yang keren artistik bersama Ikaria dan kawan-kawannya.

Bagi mereka yg mau belajar Seni Teknik ECOPRINT ada Workshopnya, di Ikaria dan Dede Budiati dkk.

Ikaria, bersedia membuka ruang dialog dan kemudahan kepada siapa yang terpanggil dan berminat untuk mengalami hingga memiliki kain-kain bermotif dedaunan dari Teknik ECOPRINT RONNING KAYUN ,

Ini adalah TeknikEcoprint berbasis seni dan bisnis busana dengan sentuhan seni tinggi, klasik, artistik, indah, anggun di era modernitas saat ini. (Ki Guntur Bisowarno)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed