by

Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Usia Dini

-TNI-164 views

Wartaindonews, Sragen – Kapten Sugiyono S, Sos mewakili Dandim 0725 / Sragen sebagai pemateri dasar dasar bela negara kepada 2.080 peserta kemah ukhuwah sekolah islam terpadu se jawa tengah, Kamis ( 07/11/10 ).

Hadir Dalam kegiatan tersebut ketua panitia kemah Kak Hananto, Kapten Cba Sugiyono S, Sos, Serka Wakidi, Kakak pembina, dewan kerja +/- 100 orang serta Peserta kemah +/- 2.080 orang.

Adapun materi yang yang disampaikan Kapten Cba Sugiyono adalah,”Cinta tanah air adalah mencintai bangsa sendiri, yakni munculnya perasaan mencintai oleh warga negara untuk negaranya dengan sedia mengabdi, berkorban, memelihara persatuan dan kesatuan, melindungi tanah airnya dari segala ancaman, gangguan dan tantangan yang dihadapi oleh negaranya. Dalam definisi lain, cinta tanah air adalah munculnya rasa kebanggaan, rasa kecintaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati, rasa kesetiaan dan kepatuhan yang dimiliki oleh setiap warga negara terhadap negaranya atau tanah airnya.

Kita sebagai warga negara Indonesia dan Indonesia sebagai tanah air kita, maka kita harus memiliki perasaan cinta tanah air dan mewujudkan kecintaan itu dalam kehidupan sehari-hari,”Katanya.

“Menurut saya, wujud kecintaan warga negara kepada tanah airnya dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana yaitu mencerminkan perilaku cinta tanah air dengan ikut serta dalam pembangunan nasional,“ ujarnya.

Setiap warga negara ikut serta dalam pembangunan nasional melalui bidangnya masing-masing, misal bekerja dengan baik sesuai dengan keahlian yang dimiliki, membayar pajak dan membayar pajak dengan tepat waktu, mencintai produk-produk Indonesia dengan lebih mengutamakan membeli produk-produk dalam negeri dibanding produk-produk asing. Jadi, sebagai warga negara, kita boleh saja membeli produk-produk asing.

Sebagai generasi muda yang masih sekolah atau pelajar dan yang sedang berkuliah atau seorang mahasiswa sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan banyak ragam cara, di antaranya belajar dengan rajin, mengikuti upacara bendera, taat terhadap perintah Tuhan, saling menyayangi antar sesama, menghormati orang tua dan guru, menghargai jasa para pahlawan, menjadi pelajar yang membanggakan Indonesia dengan berprestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, tidak bersikap kebarat-baratan, berjiwa Indonesia dan Pancasila, berpegang pada bhineka tunggal ika, dan sebagainya,Pungkasnya. Red(heri/hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed