by

Tanaman Si Emas Hijau, Untuk Masyarakat Diperbatasan

Wartaindonews, Boven Digoel – Wilayah Papua yang sangat luas dan pemanfaatan lahan belum maksimal serta iklim di wilayah Papua sangat cocok untuk ditanami berbagai macam tanaman komoditi yang sangat mahal dan menguntungkan serta masih kurangnya pengetahuan tentang berkebun. Satgas Yonif 406/CK melalui pos Arimop Kipur “B” peduli terhadap keadaan Kondisi wilayah tersebut dengan mengadaakan penyuluhan dan praktek tentang budidaya serta penanaman “Si Emas Hijau” / Vanili, Jum’at (28/02/2020).

Danpos Arimop Serka Tedy beserta 5 orang anggota melaksanakan penyuluhan dan praktek cara bertanam tanaman Vanili di kampung Maju Distrik Arimop Kab. Boven Digoel. Dalam kegiatan tersebut Kopda Kusminto menjelaskan tata cara dan budidaya serta pemeliharaan, cara persilangan bunga dan cara pemanenan tanaman Vanili.

” Di Indonesia sendiri ada dua macam jenis tanaman Vanili yaitu Vanili Planifonia dan Vanili Tahiti dan Tanaman Vanili jenis Tahiti ini hanya dapat dijumpai di Indonesia bagian Timur”, kata Kopda Kusminto.

Tanaman Vanili dapat ditanam dan tumbuh di iklim Tropis dan Sub Tropis seperti di Papua.

Dengan sabar dan teliti Kopda Kusminto menjelaskan langkah demi langkah dan langsung di lanjutkan dengan praktek dikebun yang sudah disiapkan, sampai masyarakat benar – benar faham dan mengerti.

Salah satu kebun yang disiapkan sebagai kebun percontohan milik salah satu masyarakat kampung Maju yaitu milik Bapak Geradus.
Dalam kegiatan pengarahan budidaya tanaman Vanili tersebut, masyarakat sangat antusias mendengarkan dan memperhatikan dengan seksama yang telah di sampaikan Kopda Kusminto.

Mereka sangat senang dan gembira, karena pada pelaksanaan penyuluhan tersebut langsung dipraktekan dikebun yang sudah disiapkan yaitu kebun percontohan bagi masyarakat kampung Maju.

Perwakilan dari kampung Maju bapak Geradus yang merupakan pemilik kebun percontohan tersebut mengucapkan, ” terima kasih kepada Satgas Yonif 406/CK terutama Anggota Pos Arimop yang telah memberikan penyuluhan kepada warga Kami. Dengan di berikannya penyuluhan kepada kami, maka kami menjadi tahu tumbuhan Vanili dan nilai jualnya juga sangat tinggi dan Semoga dengan kegiatan ini perekonomian kampung Maju akan semakin meningkat serta dapat menambah pendapatan masyarakat Kami”, ucap Bapak Geradus. (Ririn SDN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed