by

SMP 2 Tangen Raih Adiwiyata Tingkat National

Wartaindonews – Sragen. Sembilan Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Sragen menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2018. Kesembilan sekolah tersebut salah satunya adalah SMP Negeri 2 Tangen.

“Penyerahan penghargaan dilakukan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada 21 Desember 2018,” kata Kepala SMP Negeri 2 Tangen, Ahmad Kuncoro, Senin (18/03/2019).

Dia menerangkan, program Adiwiyata sangat dibutuhkan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan hidup, serta diperlukan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Disamping itu, program Adiwiyata merupakan aksi pendidikan lingkungan hidup yang merupakan suatu proses untuk membangun populasi manusia yang sadar dan peduli terhadap lingkungan.

“Maka program Adiwiyata ini diharapkan bukan hanya sebuah aktifitas biasa, melainkan untuk menekankan pembinaan dalam mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan,” ujarnya.

Kepala Sekolah yang ramah itu juga menyampaikan terima kasih kepada segenap komunitas di sekolahnya yang telah berkomitmen dalam hal peduli dan berbudaya lingkungan.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh komponen atau tim Adiwiyata yang bekerja keras berjuang hingga mendapatkan penghargaan,” terangnya.

Ahmad menuturkan, proses untuk mendapatkan Adiwiyata setelah SMP Negeri 2 Tangen mengirim administrasi berupa softcopy. Selanjutnya dilakukan verifikasi lapangan mencocokkan apakah data yang dikirim sesuai dengan kondisi lapangan.

Selain itu, penilaian verifikasi lapangan tidak hanya pada kondisi lapangan semata, tetapi juga bagaimana pembiasaan warga sekolah peduli lingkungan dengan wawancara, khususnya kepada siswa. (Madi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed