by

Siti Atiqoh Buka Kemah Ukhuwah VII di Ndayu Park Sragen

-Daerah-344 views

Wartaindonews, Sragen – Upacara Pembukaan Kemah Ukhuwah Wilayah VIII Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu Jawa Tengah dengan tema “Kita Bersahabat Raih Surga Bersama” yang bertempat di Obyek Wisata Ndayu Park, Dk. Gembong Rt. 08 Ds. Saradan, Kec. Karangmalang, Kab Sragen, sebagai Pembina Upacara Kakak Hj. Siti Atikoh Supriyanti Ganjar Pranowo , STP, MT, MPP (Ketua Kwarda Jawa Tengah) dan sebagai Komandan Upacara Muhammad Rubi,Babinsa Ds Saradan Sertu Supriyanto memantau kegiatantan pembukaan Upacara tersebut,Senin ( 04/11/19 ).

Hadir dalam kegiatan Hj. Siti Atikoh Supriyanti,STP, MT , MPP (Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah), Sokro Muhab (Ketua Majelis Pembimbing Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu Nasional), Sigit Cayantoro, S.Si (Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu Wilayah Jawa Tengah), Hananto Widhiaksono, S.Sos (Ketua Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu Jawa Tengah), Ali Nurhadi (Lazis Jateng), Bupati Sragen yang diwakili Dr. Wahyu Widayat, SH, MSI (Inspektor Inspektorat), Dedy Endriyatno, SE (Wakil Bupati Sragen / Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Sragen / Pembina JSIT Kab. Sragen), Kapolres Sragen yang diwakili oleh AKP Muryati, SH MH, Dandim 0725/Sragen yang diwakili oleh Kapten CPL Kapten Petrus Catur, Drs Suwardi, M.Pd (Ka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sragen), Samsuri, S.Sos MM (Ka Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sragen), Syahrul Muflikhun, (Ketua JSIT Kab. Sragen), Sriyono, S.Sos MM (Camat Karangmalang), Dwi Sigit Kartanto, AP (Camat Sragen), AKP Mujiono, S.Sos MH (Kapolsek Karangmalang), Danramil 02 Karangmalang diwakili oleh Sertu Supriyanto, Daryono, SH MH (Koorwil Pendidikan Kec. Karangmalang).

Dalam arahannya Atikoh menyampaikan kemah pramuka ini menjadi kesempatan untuk saling mengenal dan berbagi ilmu serta mempererat persaudaraan.

“Kemah ini dapat meningkatkan kualitas anak didik yang bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil. Pembentukan karakter yang mandiri, mencintai lingkungan serta selalu taat kepada sang pencipta,” kata Atikoh.

Dirinya juga menyampaikan, Pramuka sebagai pembentukan karakter, pembekalan keterampilan hidup dan menumbuhkan rasa nasionalisme cinta tanah air dan bangsa. Menurutnya masalah negara akan beres jika semua masyarakatnya memiliki jiwa pramuka.

”Semakin banyak Sako Pramuka, tentu tugas kami sebagai orang tua akan semakin ringan dalam mendidik anak. Karena sendi-sendi kehidupan mulai dari bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kehidupan bermasyarakat, bersosial dan kepedulian terhadap lingkungan ada semua di jiwa Pramuka,” terang dia.
Atikoh berperan kepada peserta untuk menjadi manusia Indonesia yang religius dan menjaga keutuhan NKRI.

“Sinergikan dengan baik agama, ilmu pengetahuan. Manfaatkan dan pergunakan tekhnologi dan informasi,” pesan dia.

Sementara Ketua Kwarcab Sragen Dedy Endriyatno, menyampaikan melalui kegiatan kemah di Sragen ini dapat memperkuat gerakan pramuka di Jawa tengah. Pihaknya dalam hal ini ikut serta menyambut dan mendapat dukungan dari semua masyarakat Sragen.

“Kegiatan skala provinsi ini menjadi keuntungan Sragen untuk mempromosikan Sragen dengan menampilkan nuansa lokal. Dengan ada gerakan pramuka ini, nuansa lokal juga harus tampil,” tuturnya.

Upacara pembukaan dihadiri oleh, Ketua Majelis Pembimbing Sako Pramuka SIT Nasional Sukro Muhab, Ketua Umum Sako SIT Nasional Mohammad Zahri, Ketua Kwarcab Sragen Dedy Endriyatno dan Wakil Ketua Wahyu Hidayat.

Rangkaian pembukaan ini juga dilaksanakan pelantikan Majelis Pembimbing dan pengurus Satuan Komunitas Pramuka masa bhakti 2019 – 2023.

Diakhir upacara juga dilakukan atraksi taekwondo dan semaphore yang turut memeriahkan pembukaan Kemah Ukhuwah Wilayah VIII Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Jawa Tengah. Red(heri/hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed