by

Serap Aspirasi Warga Pasca Bencana, Yudha: Saya Minta Pemkab Lakukan Kajian Menyeluruh

-Nasional-184 views

Wartaindonews, Garut – Anggota DPRD Kabupaten Garut Fraksi PDI Perjuangan Dapil l Yudha Putra Turnawan melakukan Reses hari ketiga masa sidang lll Tahun 2021 bertempat di Gedung PGRI, Kecamatan Karangtengah, Garut Jawa Barat, Kamis (09/12/2021).

Reses di gedung PGRI kecamatan Karangtengah ini menyerap aspirasi warga pasca terjadinya bencana banjir bandang dan longsor tanggal 27 november 2021 di kecamatan karangtengah.

“Ada 9 orang yang menyampaikan aspirasi.
1. Pak Wawan dari kampung negla desa Cinta kecamatan karangtengah beliau ingin ada perbaikan jalan poros Negla-Nyalindung-Patrol di Desa Cinta. kemudian adanya kerusakan beberapa rumah.

2. Pak Kusnadi dari Kampung Ancol Desa Sindanggalih beliau ingin adanya perbaikan jembatan menuju SDN Sindanggalih 4.

3. Pak Iwa dari Desa Cintamanik beliau menyampaikan aspirasi adanya pipanisasi di semua RW ke sumber mata air. beliau juga menyampaikan kondisi jalan di kampung sadapuncak desa cintamanik yang ambles sedalam 1 meter. ada retakan dan ada yang tergerus longsor.

4. Pak Edi Kaur Kesra Desa Caringin Karangtengah. beliau menyampaikan semua saluran air bersih desa caringin dalam kondisi rusak. Ingin ada perbaikan segera terutama yang bersumber dari desa cintamanik. Pak Edi juga ingin ada kajian mendalam adanya alih fungsi lahan di hulu sungai.

5. Pak Mamat Sadeli beliau LPM Desa Sindanggalih. beliau ingin ada perbaikan Saluran Irigasi Cihurang I dan Cihurang II yang menurutnya Rusak Total saluran irigasi ini mengairi lahan pertanian di desa caringin desa sindanggalih dan desa cinta.

6. ibu Wida dari Kampung Cibadak RW 10 desa sindanggalih. beliau ingin adanya bantuan rutilahu untuk para janda di desa sindanggalih. kemudian ada benteng yang rubuh yang menimpa rumah di kampung cibadak.
7. Pak maulana dari kampung Sadapuncak Desa Cintamanik. beliau menyampaikan banyak lahan pertanian yang rusak di kampung cibeber kampung cipulus kampung cikopeng dan kampung sadapuncak. Kemudian beliau menyampaikan adanya jalan yang longsor di kampung jambudipa desa cintamanik.

8. Pak Irwan dari Kampung ancol desa Sindanggalih. beliau menyampaikan adanya pemukiman yang terancam longsor di RT 04 RW 06 di kampung ancol. beliau menginginkan adanya pembangunan TPT di RT tersebut.

9. Ibu Nurhayati dari kampung Cibadak. beliau ingin ada bantuan buat Madrasah Diniyah Nurul Huda di Kampung Cibadak RW 10 desa sindanggalih,” Bener Yudha Puja Turnawan.

Ia katakan, aspirasi ke sembilan itu akan ia input dalam Akun SIPD nya agar Bappeda mengarahkan beberapa SKPD untuk memasukan usulan dari kecamatan karangtengah dan sukawening kedalam renja SKPD.

“Saya meminta kepada pemkab garut untuk melakukan kajian pasca bencana di wilayah karangtengah yang menyeluruh tak meninggalkan siapapun dan wilayah manapun di kecamatan karangtengah,” pinta Yudha.

“Selanjutnya di Tahun 2022 ada pergeseran belanja ( perubahan parsial ) untuk kepentingan rehabilitasi dan rekonstruksi di kecamatan karangtengah. Karena kalo menunggu Tahun Anggaran 2023 terlalu lama,” Tutupnya.

Kontributor