by

Semburan Lumpur dan Gas Gemparkan Warga Sikampuh Kroya

Wartaindonews, Cilacap – Semburan air disertai gas yang muncul di area persawahan Dusun Gumarang, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap,hingga saat ini belum reda. Minggu (14/07/2019).

Semburan gas bercampur lumpur dan air muncul di persawahan dari lubang pengeboran sumur pantek yang diperuntukan mengairi sawah akibat mengalami kekeringan.

Menurut Kepala Desa Sikampuh, warga berinisiatif melakukan pengeboran air di area persawahan karena dampak kekeringan yang terjadi sehingga ditakutkan gagal panen.

“Ini adalah pengeboran sumber air yang dilakukan warga untuk mengairi sawah yang dilanda kekeringan, namun malah semburan lumpur dan gas yang keluar,” ungkap Kades.

Pengeboran ini awalnya pada kedalaman sekitar 26 meter, namun belum nampak keluar air. Dan pada saat pipa paralon mencapai kedalaman 20 meter baru terasa keganjilan pada getaran mesin bor. Tidak lama kemudian muncul semburan air berlumpur dan gas setingi 8 meter.

Sontak kejadian tersebut membuat panik para pengebor dan segera menghentikan aktivitas pengeboran. Untuk selanjutnya beberapa warga melaporkan kejadian tersebut kepada pihak desa.

Pengeboran ini terjadi di area persawahan wilayah RT 39 RW 04 Dusun Gumerang Desa Sikampuh Kecamatan Kroya. Camat Kroya, M Najib mendengar laporan dari Kepala Desa langsung melaporkan kejadian tersebut pada pihak terkait.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait dan tentu Pemkab, untuk menindaklanjuti kejadian tersebut,” kata Camat.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi terkait bahan material yang keluar dari semburan tersebut. Dan warga masih merasa khawatir dampak semburan akan berbahaya, khususnya terhadap lahan pesawahan mereka. (Rzy/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed