by

Selamat Merayakan Tahun Baru Imlek

Wartaindo.news – Di abad 16 masuknya orang China ke Indonesia membawa berbagai budaya salah satu diantaranya perayaan tradisi orang Tionghoa untuk menyambut semi dan berakhirnya musim dingin itu disebut Imlek.

Perkembangan budaya selanjutnya dalam suku Tionghoa di daratan China disebut Imlek sebagai hari pergantian tahun. Imlek berasal dari kata Hokkian artinya kalender lunar bisa diartikan im itu lunar atau bulan lek itu kalender. Jadi Tahun Baru Imlek artinya tahun baru yang dihitung berdasarkan peredaran bulan menggelilingi bumi.

Jadi tahun baru Imlek tetap dirayakan warga Tionghoa. Imlek adalah merayakan musim semi di Tiongkok saat itu banyak keluarga etnis China yang beragama Budha pada saat merayakan diisi dengan sembahyang dan momen untuk merenung dalam kegiatan satu tahun apa yang sudah kita lakukan yang baik kita pertahankan yang jelek kita tinggalkan dengan rasa syukur untuk menebar kebajikan.

Biasanya pada tahun baru Imlek banyak orang mengucapkan dengan kata-kata Gong Xi Fa Chai yang berarti selamat menjadi kaya. Sin Cun Kiong Hi Thiam Hok Thiam Sioe yang berarti selamat menyabut musim semi, tambah umur, tambah kebahagiaan.

Selamat Tahun Baru Imlek semoga bahagia lahir dan batin.

 

Kontributor – Memet

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed