by

Sambut Hari Raya Nyepi, Ratusan Umat Hindu di Karanganyar Melaksanakan Upacara Melasti

-Budaya, Daerah-334 views

Wartaindo.news – Karanganyar. Ratusan umat Hindu di Kabupaten Karanganyar melaksanakan upacara Melasti di Telaga Madirdo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Umat Hindu berdatangan dari berbagai daerah dengan membawa sesaji buah-buahan, aneka makanan dan hasil bumi. Sesaji yang dipersembahkan merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan atas karunia-Nya.
Upacara Melasti mempunyai tujuan penyucian diri dari kekotoran, yaitu kekotoran pikiran, perkataan maupun perbuatan.

Upacara Melasti diawali dengan pengambilan air dari sumber air Telaga Madirdo kemudian ditaruh di tempat sesaji dipuja mantra dan nantinya dipergunakan untuk melukat (membersihkan kekotoran diri). Selanjutnya dilaksanakan upacara Mecaru (persembahan kepada unsur alam) dipimpin oleh Jro Mangku Pasek dan dibantu para Pinandita.

Setelah Mecaru selesai selanjutnya upacara Dewa Yajna yaitu bersembahyang bersama menghaturkan sujud bhakti kehadapan Tuhan, serta memohon anugerah dan keselamatan.

Diakhiri dengan pemberian tirta dan bija. Menerima Tirta sebagai simbol menerima anugerah dari Tuhan. Sedangkan bija adalah simbol rejeki dan kesucian. (Jarry_pw)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed