by

Ribuan Pelajar SMP-SMA Meriahkan Perlombaan PBB HUT TNI ke-74 di Lapangan Makodam Hasanuddin

Wartaindonews, Makassar – Dharma Pertiwi Daerah G menyelenggarakan perlombaan baris-berbaris tingkat SMP, SMA/SMK dan eksebisi dari Ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah G dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI di Lapangan M. Yusuf Makodam XIV Hasanuddin Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (18/09/2019).

Dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara Pembukaan, Pangdam Hasanuddin mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberi nilai positif bagi para siswa dalam mentransformasikan nilai kebangsaan, jiwa patriotisme dan nasionalisme.

“kegiatan ini dapat memberi edukasi pemahaman bagi para generasi muda tentang pentingnya menjalin persatuan dan kesatuan, menanamkan semangat bela negara dan rasa cinta tanah air sehingga wawasan kebangsaan tidak luntur akibat pengaruh modernisasi”, tambahnya

Sejumlah 2.200 siswa SMP dan SMA se Kota Makassar berlaga di perlombaan tersebut serta partisipasi eksebisi 100 orang dari Ibu-ibu Dharma Pertiwi Daerah G mulai dari Persit Kartika Chandar Kirana, Jalasenastri, Pia Ardyagarini dan IKKT

Para Siswa tersebut dibagi menjadi 100 tim yakni 50 tim tingkat SMP dan 50 tim tingkat SMA/SMK. Mereka menggunakan bermacam-macam seragam dan atribut baris-berbaris yang berjuang unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik.

Sesekali mendapat Komando, para siswa melakukan gerakan baris-berbaris serempak, sikap sempurna, sikap istirahat serta penghormatan kompak dan sigap menjadi pemandangan yang terlihat di lapangan, tiap-tiap perwakilan sekolah juga menampilkan unjuk kebolehannya melakukan atraksi.

Meski panasnya sinar matahari sudah menyengat, mereka tampak tak gentar menampilkan formasi baris berbaris dengan maksimal.

Kepala SMP Ma’arif Jl. Pasar Ciduk Makassar Drs. H. Muhammad Said M. Pd ketika dimintai komentarnya tentang kegiatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi adik didiknya

“event perlombaan baris-berbaris yang diselenggarakan Kodam Hasanuddin sekaligus bertujuan menyentuh paling dasar bagi siswa-siswi generasi bangsa untuk menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan, disiplin, kebersamaan kekompakan dalam satu tim,” ungkapnya.

“Ada banyak nilai yang bisa dipetik dari perlombaan ini diantaranya jujur, disiplin dan semangat untuk diri sendiri dan juga orang lain, kami berharap dengan adanya kegiatan lomba seperti ini bisa menggalang persatuan dan kesatuan serta persaudaraan bagi generasi milenial Indonesia”, tambahnya.

Adapun untuk pemenang kategori SMP dan SMA/SMK akan mendapatkan piala dan tropy bergilir, sedangkan kategori selain itu juga mendapatkan uang pembinaan untuk Juara 1 Rp. 5.000.000, Juara 2 Rp. 4.000.000, Juara 3 Rp. 3000.000, sedangkan Juara harapan 1 Rp 2.000.000, Juara harapan 2 Rp. 1.500.000 dan Juara harapan 3 mendapat Rp. 1.000.000. (Ririn)

Comment

Leave a Reply

News Feed