by

Puluhan Tahun Terisolir, Warga Girpasang Lereng Merapi Minta Dibangun Jembatan

-Daerah-252 views

Wartaindo.news – Klaten. Setelah melakukan sambang warga di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Bupati Klaten melanjutkan kunjungan ke Girpasang.

Hal tersebut dilakukan, lantaran adanya laporan dari camat Kemalang terkait dukuh Girpasang yang terpencil dan terisolir yang ada di Lereng Gunung Merapi butuh akses jalan penghubung berupa jembatan.

Mendapat aduan tersebut akhirnya Bupati Klaten beserta rombongan memutuskan berangkat ke lokasi yang dimaksud. Sekitar pukul 13:00 WIB sampai di jalur menuju ke Girpasang sebuah jalan setapak yang melintasi tepian bukit terjal yang kini sudah dibuat undak-undakan.

Para pejabat yang turut mendampingi kunjungan Bupati antara lain Staf ahli Bupati Klaten Joko Wiyono dan Abdul Mursyid, Kepala Dinas Kesehatan Cahyono Widodo, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Widiyanti, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sri Hadi, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Klaten Sunarno, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Amin Mustofa dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sri Nugroho.

Turut nendampingi Camat Kemalang Kusdiyono beserta jajaran Muspika serta relawan dari Banser NU, Kokam Muhamamdiyah, Senkom Mitra Polri.

Sesampainya di Dukuh Girpasang, Bupati diterima warga di Rumah Buyut tepat pukuul 14.00 WIB dan sambil minum dan menikmati hidangan khas desa, Bupati mulai mengadakan dialog dengan warga Girpasang.

Kades Tegalmulyo Sutarno pada sesi dialog mengharapkan agar Bupati Klaten membantu pembangunan jembatan menuju ke Girpasang baik jembatan gantung atau jembatan permanen. Kemudian juga mengharapkan bantuan bunga bougenvile untuk ditanam di embung Tirto Mulyo yang ada di Desa Tegalmulyo. Pada sesi dialog warga juga memohon untuk diberi bantuan berupa ternak kambing atau Sapi.

“Soal harapan pembangunan jembatan baik jembatan gantung atau jembatan permanen akan saya koordinasikan dengan pemerintah pusat dan Pemerintan Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan bunga bougenville yang akan ditanam di embung Tirto Mulyo akan diupayakan pada APBD Perubahan 2019, karena tahun 2018 belum teranggarkan karena kesulitan komunikasi dengan Pemerintah Desa Tegalmulyo, sedangkan untuk bantuan ternak akan saya usahakan,” kata Bupati Klaten Sri Mulyani, rabu (27/2/19) lalu.

Mendapat tanggapan dari Bupati warga merasa lega dan senang apalagi Bupati berencana mengundang warga Girpasang ke rumah dinas Bupati Klaten pada acara ngopi Merapi bersama Bupati serta piknik dan rekreasi ke Klaten.

Setelah dialog selesai, Bupati beserta rombongan foto bersama dengan warga dan para relawan. Usai acara rombongan pulang melalui tepian bukit dan Jurang dukuh Girpasang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed