by

Potensi Pendampingan Terpadu Koorlap Karangasem PT. RODA GILA JAYA AGRO

-Artikel-144 views

Sejak terbentuknya KOORLAP KARANGASEM PT. RODA GILA JAYA AGO, bulan Agustus 2022 hingga saat ini, sudah giat dan semangat dalam melakukan aktivitas ke Petani yang sudah bersedia melakukan kontrak kerjasama bersama PT. RODA GILA JAYA AGRO.

Sesudah mengisi Formulir Menjadi Koorlap Karangasem, KOORLAP KARANGASEM PT. RODA GILA JAYA AGRO, Kadek Dongker berhasil melakukan sosialisasi dan eksekusi di lapangan terkait 3000 bibit Buah Premium berupa Buah Durien Musangkim dan Varietas Apokat di 5 Desa Karangasem dan 20 Kelompok Petani Naik Kelas, baik Petani Subak Perorangan maupun POKDARWIS. POKDARWIS ada 2 Jenis Binaan ADAT & Binaan Kerjasama Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian Terkait, sehingga menjadi Program Terpadu Dari AGROBISNIS menjadi AGROWISATA.

Ada Program Pendampingan dan Pelatihan Menjadi Koorlap PT. RODA GILA JAYA AGRO untuk Mengerjakan Program Petani Naik Kelas bersama Buah Premium Infinitum, yaitu Buah Durian dan Buah Apokat Premium.

Program Petani Naik Kelas

Mari memuliakan bumi tanam pohon yang berbuah.

Moto.
BERTANI tanpa lahan berkebun tanpa modal.

Kerja ikhlas hasil tanpa batas.

Infinity.

Dalam perjalanan dan aplikasi serta inisiasi di lapangan Kadek Dongker semakin bertambah yakin pentingnya pendampingan buat para petani naik kelas buah premium infinitum.

Pentingnya Program Pendampingan Petani

Ketua KomisiPenyuluhan Pertanian Nasional (KPPN), Bustanul Ariffin, mengatakan, model pendampingan untuk petani dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Hal ini disampaikannya dalam Bimbingan Teknis & Sosialisasi Propaktani Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP)

“Untuk betul-betul mengarah ke pelatihan dan pendampingan, mengunjungi untuk melihat sudah sampai mana kemajuan (para petani melalui pelatihan),” ujar pria, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) ini.

Menurut Bustanul, pendampingan dengan cara para penyuluh berinteraksi langsung dengan petani merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan.

Mereka bisa memberikan informasi yang dibutuhkan sekaligus menyapa, berdiskusi, dan saling tanya jawab dengan para petani.

Connecting with : Biyung AR

Penulis & Aplikator : Guntur Bisowarno

Kontributor