by

Potensi Olah Raga Wisata Arung Jeram Indonesia untuk Pembinaan Atlet 2024

-Artikel-131 views

Dengan terselenggarakannya pelantikan Pengurus Propinsi Bali FAJI Forum Arung Jeram Indonesia, 9/12/2022. Dengan visi misi menyumbang 4 medali emas di Kejuaraan Nasional Arung Jeram 2024 di Propinsi Aceh, demikian yang disampaikan Ketua Umum Pengrov FAJI Bali, DR. I Ketut Subadra.

ORGANISASI KELEMBAGAAN FEDERASI ARUNG JERAM INDONESIA (FAJI) sudah membentuk pormatur kepengurusan di setiap kabupaten dan diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada ATLET ATLET MUDA untuk dibina dengan meningkatkan dan mengembangkan potensi prestasi mereka dalam mengikuti event KEJURDA & KEJURNAS.

Menuju FAJI CUP BALI 2024 : sampai saat ini olahraga arung jeram bali sangat berkembang. ada 28 operator di pulau Bali diantara Kabupaten yaitu Badung, Gianyar, Karangasem, Klungkung & Singaraja.

PB FAJI BALI sesuai ketetapan memiliki AD/ART VISI & MISI.

Terbentuk PORMATUR kepengurusan FAJI dengan misi mencari potensi atlet CABOR (cabang ohraga ) khususnya arung jeram, ditingkat nasional, rencananya di mulai sejak awal tahun 2023.

Visi FAJI adalah mengembangkan potensi lokal jenius dan pelestarian lingkungan.

(Inilah Potensi Keterkaitan dengan Hari Gunung Internasional, setiap 11 Desember, dimana Gunung adalah salah satu pusat utama ketersediaan keaneka ragaman hayati di bhumi ini red.)

FAJI Bali dibawah naungan KONI Bali.

Ketua KONI Bali sangat mengapresiasi kegiatan ini, khususnya olahraga air dalam hal ini arung jeram, rafting dan river tubing.

Tgl 11 Desember 2022. Kunjungan Pengurus Pengrov Bali Periode 2022 sd 2026 Ke Pembina FAJI Bali.

Ketum FAJI dan Jajaran Kepengurusan Periode 2022 sd 2026, bertemu DPD RI BALI IGN Arya Wedakarna, yang serentak menjadi pembina FAJI Bali, bertempat di Soekarno Center dan Istana Tampak Siring Gianyar Bali.

Tema Arung Jeram Bali Bangkit Bersama Kita Bisa, Bersama FAJI (FEDERASI ARUNG JERAM INDONESIA)

*Potensi Kebangkitan Kesadaran Fungsi Manfaat Gunung, Arung Jeram dan Keanekaragaman Hayati bersama Kabid Organisasi Pengrov FAJI Bali*

Berdasarkan kebangkitan kesadaran diri dengan menggunakan laku perjalanan menggunakan panduan buku saudara Khairuddin Lubis yang bertajuk MEMBUKA TABIR POTENSI DIRI, terbitan Bamboo Spirit Nusantara 2022, Kita bersama sama bisa menemukan keterkaitan antara fungsi dan manfaat gunung, arung jeram serta keanekaragaman hayati.

Tgl 13 Desember 2022. I Kadek Sumerta Kabid Organisasi Pengrov FAJI Bali berhasil dikontak oleh Guntur Bisowarno Ketua Bamboo Spirit Nusantara, untuk menjajagi dan mendiskusi secara seksama adanya peluang konsep keterhubungan program kabid organisasi pengrov FAJI Bali, untuk mendukung dan terlibat dalam meningkatkan fungsi kebermanfatan dari memperingati program HARI GUNUNG INTERNASIONAL, yang sudah diperingati oleh warga penduduk bhumi, dan negara negara yang sudah berkesadaran tinggi, sehingga pada tanggal 11 Desember, khususnya untuk 11 Desember 2023, tahun depan, Kita bisa menggunakan spirit kesadaran dan keterkaitannya dengan Wisata dan Pembinaan Para Atlet Arung Jeram Bali Indonesia, terutama keterhubungannya dengan pendalaman dari pengetahuan dan pengenalan perihal fungsi manfaat gunung serta potensi sumbangan Wisata Gunung dan Wisata Arung Jeram Bali Indonesia sebagai salah satu penyumbang pemasukan pulau Bali, sebagai bagian dari 15 sd 20 persen pemasukan dari wisata global.

*Tanggal 11 Desember Dunia memperingati Hari Gunung Internasional*

Hari Gunung Internasional diperingati untuk semakin menumbuhkan kesadaran manusia tentang pentingnya gunung bagi kehidupan serta tempat bagi keanekaragaman hayati yang perlu terus dijaga ketersediaan dan kelangsungan hidup berkehidupannya.

Peringatan Hari Gunung Internasional tersebut bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya peranan dan fungsi manfaat gunung bagi kehidupan.

Selain itu, menyoroti peluang dan kendala dalam pengembangan gunung dan membangun aliansi yang akan membawa perubahan positif bagi masyarakat pegunungan dan dampak kesehatan lingkungan pegunungan bagi seluruh dunia.

Kita membutuhkan dan menumbuhkan kesadaran bersama, dalam hal ini melalui awal mula kejadian dengan komunikasi Ketua Bamboo Spirit Nusantara Guntur Bisowarno dan Kabid Organisasi FAJI BALI, I Kadek Sumerta, untuk bisa mengajak semua pihak yang peduli dan terpanggil, khususnya FAJI di BALI dan di seluruh Indonesia, dimana ada potensi keberadaan momentum di setiap tanggal 11 Desember pada pergantian tahun demi tahunnya, dimana masyarakat yang sudah berkesadaran tinggi di seluruh penjuru dunia merayakan sebagai Hari Gunung Internasional, untuk bisa menjadi agenda riset dan kajian FAJI Bali, bahwa Potensi Olah Raga Wisata Arung Jeram Indonesia sebagai peluang wisata dan pariwisata global adanya.

Peringatan Hari Gunung Internasional tak lepas dari hasil riset dan kajian bahwa sektor pariwisata pegunungan ternyata bisa menyumbang 15 hingga 20 persen wisata global.

Penulis & Aplikator : Kadek Dongker dan Guntur Bisowarno

Kontributor