by

Polres Tanjungpinang Tangkap 4 Kurir Sabu 25 Kg Jaringan Internasional

Wartaindonews, Tanjungpinang – Polres Tanjungpinang berhasil megamankan 25 kilo gram narkoba sabu bersama 4 orang kurir narkoba jaringan Internasional.

Ke 4 kurir sabu masing – masing, Wagiran (51), Panji Prabowo (23), Pendi (25) serta Arta Fanyukni (30) yang merupakan warga Jambi ini, diamankan Polisi di Pelabuhan Kualatungkal, Jambi, Selasa, (26/11/2019) sekitar pukul 19.00 WIB.

Keempat pelaku diinformasikan merupakan pekerja buruh perkebunan kelapa sawit.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal mengatakan, penangkapan yang dilakukan pada ke 4 tersangka berawal dari informasi masyarakat, terhadap satu unit mobil jasa pengiriman, merk Avanza Veloz warna putih B 1132 WRE yang dikendarai oleh Ade Sukirman melintas dari sekitaran makam pahlawan Kilometer 5 Bawah Tanjungpinang.

Atas laporan itu, anggota Satnarkoba Polres Tanjungpinang, langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan mobil tersebut.

“Saat diamankan, ternyata didalam mobil pada bagian belakang ditemukan 25 kilo gram sabu yang dibungkus dalam bungkusan plastik bening, disimpan didalam kap dalam yang sudah dimodifikasi, “ jelas Iqbal dampingi Wakapolres Tanjungpinang, Kompol Agung Gima Putra dan Kasat Narkoba, Krisman di Mapolres Tanjungpinang, Jumat (29/11/2019).

Dari pengakuan sopir, mobil akan dikirim dari Pelabuhan Punggur Batam menuju Kualatunggkal Jambi.

Dari pengakuan Ade, lanjut M.Iqbal, dirinya mendapatkan mobil itu dari R (DPO). Selanjutnya Polisi melakukan pengembangan (Controlled Delivery of Drugs) dengan mengirimkan mobil itu dari Pelabuhan Punggur Batam ke Pelabuhan Kualatungkal Jambi.

“ Setelah sampai di kota Jambi kemudian Ade mengambil mobil dan memarkirkan mobil itu di parkiran samping hotel Shang Ratu, setelah penyerahan itu kemudian Polisi langsung menangkap dua orang berinisial Wagiran dan Panji Prabowo,” ungkapnya lagi.

Dari interogasi yang dilakukan, kedua tersangka mengaku, disuruh mengambil mobil yang di dalamnya ada sabu-sabu itu oleh Pendi dan Arta Panyukni. Rencananya, mobil akan diserahkan pada malam hari di daerah Kuala Tungkal Hulu, sekitar tiga jam perjalanan darat kota Jambi.

Atas perbuatanya, Keempat pelaku dijerat pasal 114 ayat 2 atau Pasal 112 ayat 2 Undang – Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Dari hasil pengembangan dan introgasi yang dilakukan, lanjut Iqbal, barang bukti itu berasal dari Malaysia yang dikirim melalui jalur laut dan dimasukan kedalam mobil yang sudah dimodifikasi.

“ Jika orang awam melihat mobil itu tidak mengetahui bahwa didalam mobil itu ada sabu – sabu, sehingga diperlukan penyidikan yang mendalam,” ujarnya.

Untuk proses hukum lebih lanjut, saat ini ke 4 tersangka di jebloskan ke penjara Polres Tanjungpinang. (hms)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed