by

Polda Metro Jaya Siapkan 12 Ribu Personel Guna Pengamanan Sidang di MK

Wartaindonews, JAKARTA – Aparat keamanan memperketat penjagaan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (11/6/2019). Mahkamah Konstitusi akan mulai menggelar sidang pendahuluan sengketa hasil pilpres pada tanggal (14/6) sedangkan jadwal sidang putusan akan digelar (28/6/2019).

Polda Metro Jaya siapkan 12 ribu personel guna pengamanan jalannya sidang gugatan sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (14/6/2019).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, pastikan pihaknya yang dibantu oleh TNI serta pemerintah daerah siap melakukan pengamanan sidang MK.

Argo, prinsipnya TNI-Polri dan Pemda kita siap, juga akan ada rekayasa diberlakukan. Kita juga udah cek komunikasi dengan MK, ujar Argo di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

Dan pihaknya telah menyiapkan skema pengamanan yang bakal diterapkan saat jalannya sidang. Pihak kepolisian telah berkomunikasi dengan MK terkait mekanisme sidang, jadi kita komunikasi dengan ruang yang mana untuk sidang. Kemudian beberapa orang yang akan masuk ke sana tentunya pasti akan terbatas dan semuanya tidak bisa melihat situasi di lapangan sewaktu-waktu tidak meminum kita sudah antisipasi sejak dini, supaya kondusif dan aman, ucapnya.

Seperti diketahui, besok MK akan menggelar sidang perdana dan akan memutuskan apakah sengketa atau gugatan yang diajukan bisa berlanjut atau tidak ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan Sela).

Pada 17 Juni 2019, MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian. Hal ini termasuk rangkaian dalam proses persidangan sengketa.

Kemudian 24 Juni 2019, adalah sidang terakhir MK, lalu pada 25-27 Juni 2019, MK menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH).

Kemudian pada 28 Juni 2019 MK akan membacakan putusan sengketa pilpres dalam sidang. (Iman Borneo)

Comment

Leave a Reply

News Feed