by

Pohon KEMUNING Ikon Kebun & Taman Put Petani Organik Kertosari Purwosari

-Artikel-96 views

Pohon KEMUNING, Pohon KETEMUNYA HENING, Pohon inilah menjadi Landasan Laku Lampah Seri Perjalanan Put Menjadi Petani Organik di Kebun & Taman KUNTI di Kertosari Purwosari Purworejo.

Tanaman Organik Utama yang dibibit sendiri dan di kembangkan berbasis Pupuk Organik Terpadu adalah Cabe Rawit dan Cabe Besar, Sawi Daging dan Sawi Pangsit, serta Bayam.

Sedangkan Tanaman Organik untuk Keluarganya adalah Durian, Mangga, Pisang, Nangka, Keluwih, Rambutan, Senikir, Talas, Salam, Buah Naga, Belimbing Wuluh, Buah Genitu, Buah Srikaya, Buah Jambu Darsono, Lamtoro, serta Shorgum.

Penyerahan Tanaman Kemuning Putih Kepada Kasepuhan Tejosari

Purwosari Purworejo Pasuruan Jawa Timur, 1 November 2022.

Penyerahan Pohon Kemuning Putih dari Put PETANI ORGANIK Kebun & Taman KUNTI, Kertosari Purwosari Purworejo Pasuruan ke Ki Joko Gaharuh atawa Ki Joko S. di Joglo SEKAR TAJI Tejosari Tejowangi Purwosari Purworejo Pasuruan Jawa Timur, Selasa Legi, 1 November 2022, pukul 12.45 sd 13.15 WIB.

Rabu Pahing, 2 November 2022

Put Petani Organik Kertosari di antar dan disaksikan oleh Johar dari Dusun Blimbing Desa Parelegi Purwodadi Purworejo Pasuruan Jawa Timur, ke Griya Kantor Pusat Bamboo Spirit Nusantara Support System, dalam rangka memutuskan dan menetapkan bahwa Tanaman Pohon Kemuning, bakal dijadikan salah satu bibit unggulan dan Ikon Kebun & Taman KUNTI di Desa Kertosari Purwosari Purworejo Pasuruan Jawa Timur.

Kemuning (Murraya paniculata) adalah tumbuhan yang berasal dari famili Rutaceae. Perdu yang masih bersaudara dengan daun kari ini memiliki nama daerah seperti;kemuning (Jw., Btw.), kamuning (Sd.), kajeni, kemuning, kemoning (Bl.), kamonèng (Mdr.),kemiuning (Smb.), kamuni (Bm.), sukik (Rt.),kamuning (Mnd., Mksr.), kamoni (Pmn.),palopo (Bgs.). eseki (Wtr.), tanasa (Aru),kamone (Br.), kamoni (Amb.)

Tanaman ini memang mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai tanaman estetika yaitu sebagai tanaman hias maupun perindang dihalaman rumah, kantor, hotel. Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman perindang jalan.

Makna dan Filosofi

Ternyata, bunga kemuning memiliki makna dan filosofi yang baik. Kemuning, menjadi lambang kebaikan dan kesucian. Tidak heran, bunga kemuning ini sering digunakan dalam upacara pernikahan di Yogyakarta.

Apakah buah bunga kemuning bisa dimakan?

Daun kemuning juga berkhasiat mengobati infeksi saluran kencing. Cukup mengonsumsi air rebusan daun kemuning tiga kali sehari.

Kemuning dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang dapat tumbuh dimana pun, termasuk di pekarangan rumah. Tumbuhan yang menghasilkan bunga berwarna putih dengan bentuk cantik ini kerap dijadikan hiasan yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias.

Meski demikian, kemuning bukan sekadar dimanfaatkan untuk tanaman hias, melainkan juga bisa dijadikan bahan baku obat herbal. Pasalnya, tanaman ini telah terbukti ampuh mampu mengobati beberapa jenis penyakit. Sehingga jangan heran jika semakin banyak orang yang mulai membudidayakan kemuning di pekarangan dan kebun pribadi.

Taksonomi

Kemuning adalah tumbuhan dari kelompok suku jeruk-jerukan dengan karakteristik daun yang serupa dengan daun jeruk nipis.

Tanaman ini termasuk dalam kelompok tumbuhan Angiospermae karena menghasilkan biji dan buah. Jenis biji yang dihasilkan adalah biji dikotil, yaitu berkeping dua.

Manfaat & Khasiat

Diketahui, daun kemuning mengandung beberapa senyawa, seperti cadinene, geraniol, carene-3, methyl-antharanilate, bisabolene, paniculatin, eugenol, dan lain sebagainya. Sementara bagian batangnya mengandungcoumarin, 5-7-dimetrhoxy-8, dan mexotioin.Tak ketinggalan pula scopoletin yang terdapat pada bunga dan semi-alfa-carotenone pada buahnya.

Dari sekian banyak kandungan senyawa yang dimiliki kemuning, tak heran jika tanaman ini pada akhirnya dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit tertentu, selain dijadikan hiasan.

Connecting With : Biyung AR

Penulis & Aplikator : Guntur Bisowarno

Kontributor