by

PMPP TNI Bersama US Army Adakan Baksos Bagi Masyarakat Sekitar IPSC Sentul

-Sosial, TNI-13 views

Wartaindonews, Bogor – Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI bersama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat (United States Army / US Army) melaksanakan kegiatan Medical Civil Action Program (MEDCAP) atau Bakti Sosial (Baksos) kepada masyarakat seputaran PMPP TNI, sebagai penutup dari rangkaian kegiatan CULEX (Culmination Exercise) kursus JCET (Joint Combined Exercise Training), bertempat di Poliklinik PMPP TNI, sentul Bogor Selasa (06/08/2019)kemaren.

Wakil Komandan PMPP TNI Kolonel Pnb Aldrin Petrus Mongan, S.T., M.Hum, M.Tr (Han), mewakili Komandan PMPP TNI, menyatakan bahwa kegiatan pengobatan massal gratis, yang sudah kali kedua diselenggarakan, menargetkan 450 warga yang berada di sekitar TNI merupakan salah satu program latihan bersama dengan Special Operation Command Pacific (US SOCPAC) yang merupakan bagian dari US Army.

Lebih lanjut, disampaikan juga bahwa pengobatan massal gratis sebagai salah satu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat sekitar dan merupakan bentuk nyata kerjasama bilateral antara TNI dan US Army. Dalam kegiatan ini, tenaga ahli kesehatan (dokter, dan perawat), fasilitas dan obat-obatan seluruhnya dari TNI dengan melibatkan 3 dokter TNI yaitu 1 dari PMPP TNI (Lettu Kes dr. Herdy Adriano) dan 2 dokter dari peserta kursus JCET.

“Salah satu fungsi TNI adalah untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang ada disekitarnya, okeh karena itu dalam latihan bersama ini juga di rancang untuk kegiatan pengobatan massal gratis dan memang sangat mendapat apresiasi dari masyarakat”, ungkap Wadan PMPP.

Sementara itu Staff Sergeant Gale Linder selaku perwakilan dari Civil Affair US Army menuturkan bahwa kegiatan pengobatan massal ini menunjukkan hubungan bilateral yang kuat diantara TNI dan US Army.

“Harapan kami kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali dimasa yang akan datang”, katanya.

Kegiatan MEDCAP yang menjadi tahap latihan akhir pada rangkaian skenario latihan Joint Combine Exercise Training (JCET) tersebut merupakan salah satu aplikasi latihan dalam rangkaian kegiatan guna menyiapkan para peserta dari TNI untuk misi perdamaian. Materi yang diberikan kepada para peserta selama 27 hari yaitu berupa counter IED, basic medical respon, media engagement, negotiation dan Psychological Operation.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya Kabagkersin Ditbinkersinfo PMPP TNI Letkol Mar Burhanudin, Kabaginfotek Ditbinkersinfo PMPP TNI Letkol Kav Harri Poernomo, Kasi Humas Ditbinkersinfo PMPP TNI Mayor Inf Shadu Paramanandana, Y.W., Kaurkes Denma PMPP TNI Lettu Kes dr. Herdy Adriano dan Seketaris Desa Sukahati Antoni. (SDN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed