by

Perlunya Pemeriksaan Sebelum Donor Darah

-TNI-28 views

Wartaindonews, BoyolaliBakti sosial donor darah ikut mewarnai kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim/ 0724 Boyolali, di Desa Repaking Kecamatan Wonosamodro Kabupaten Boyolali. Sabtu (25/07).

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0724/Boyolali Kapten Inf Kamami bahwa pihaknya ikut terlibat membantu UTD PMI Kabupaten Banyumas dalam kegiatan kemanusiaan berupa donor darah.

“Dalam kegiatan donor darah TMMD Sengkuyung tahap II ini, para pendonor didapat dari Babinsa Koramil di jajaran, Anggota Persit Kodim 0724/ Boyolali dan masyarakat ,” ungkapnya.
Sebelum melakukan donor, para pendonor diseleksi ketat termasuk pengecekan suhu badan dan menanyakan riwayat penyakit termasuk penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan, sesuai protokol covid-19.

“Pemeriksaan kesehatan tersebut mulai dari pemeriksaan berat badan, pengambilan sampel darah, suhu, nadi, hingga tekanan darah, dari sinilah petugas memeriksa apakah pendonor memiliki penyakit serius atau tidak,” imbuhnya.

“kantong darah yang terkumpul akan disimpan di PMI Kabupaten Boyolali, untuk selanjutnya didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan,” ucap Petugas dari PMI.
Mewakili para penerima nantinya, pihak PMI Boyolali mengucapkan banyak terima kasih. Selain menambah stok darah yang semakin berkurang , satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa orang lain yang sedang dalam masa kritis. (heri/Agus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed