by

Peringati Hari Sampah Sedunia, Warga dan Relawan Membersihkan Sampah di Grojogan Sewu

Wartaindo.news – Karanganyar. Dimulai dari sungai sekrincing bawah jembatan pintu 2 Grojogan Sewu, hari ini 04 Maret 2019. Diadakan giat pembersihan sampah di sepanjang sungai dan pinggir-pinggir sungai. Sasaran lokasi adalah area bawah jembatan sekrincing, somokado, ngurah, ngombang ombang, grojogan sewu dan tempat-tempat lain yang banyak tumpukan sampah.

Dari mulai Relawan MANTAP, ICK, Perdabita, KOMPAS (Komunitas Pecinta Alam Sodong), Sekrincing Tubing, Paguyuban Arum dalu, pemuda karangtaruna, River hill dan masyarakat Tawangmangu bahu membahu mengumpulkan sampah yang menumpuk di sungai dan pinggiran sungai. Selanjutnya sampah sampah tersebut dimasukkan karung dan dibawa untuk didaur ulang oleh river hill.

Kurang sadarnya warga masyarakat dalam membuang sampah di sungai menjadikan sungai tercemar dan membahayakan ekosistem sungai. Karena sampah plastik pembungkus makanan dan sisa-sisa botol minuman yang dibuang ke sungai tidak bisa diurai oleh alam.

Sebenarnya perlu sosialisasi kepada masyarakat, untuk membuang sampah ditempat yang benar, namun hal itu tidak mudah dilakukan karena mereka belum menyadari dampak negatif dari sampah-sampah non organik yang mereka lempar ke sungai.

Dengan diadakannya giat bersih sampah di sungai ini, diharapkan akan mengurangi dampak negatif sampah non organik bagi ekosistem sungai dan tetap menjaga kelangsungan hidup mereka.

SALAM BERSIH, SALAM SEHAT.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed