by

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Pengunjung Pantai Blekbak Jepara Diajak Pungut Sampah

Wartaindonews, Jepara – Peringatan hari peduli sampah nasional pengunjung pantai Blebak diajak memungut sampah. Tah hanya itu pengunjung juga diajak melakukan penanaman bibit pohon cemara dan trembesi di sepanjang pantai. Alhasil Sampah yang didapat hari ini sebanyak 1 ton.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara, Farikha Elida, mengatakan masyarakat Kabupaten Jepara, menghasilkan sampah lebih dari 1.300 ton setiap hari. Untuk mengatasi hal itu, sejumlah program telah dilakukan. seperti program jemput sampah, bank sampah, aplikasi pengelolaan sampah, serta menyiapkan desa mandiri sampah.

“ Kami sudah menyiapkan empat desa mandiri sampah untuk jadi proyek percontohan nasional. Salah satu desa mandiri sampah Desa Blebak, kami siapkan jadi percontohan nasional karena infrastrukturnya sudah siap,” kata Elida Minggu (23/02/20).

Berkait penanganan sampah, Elida menambahkan, pemerintah kabupaten telah mengeluarkan intruksi larangan penggunaan kantong plastik di toko-toko modern. Serta larangan penggunaan air minum dalam kemasan botol plastic di lingkungan pemerintah kabupaten.

“ Intruksi larangan penggunaan kantog plastik sudah ada. Kami juga sudah membagikan tumbler,” tandas Elida. (MG)

Comment

Leave a Reply

News Feed