by

Peresmian Puskesmas Ramah Anak di Pringsurat Temanggung

Wartaindonews, Temanggung – Babinsa Koramil 10/Pringsurat Serka Setyawan melaksanakan komsos menghadiri acara launching Puskesmas serta peresmian gedung baru imunisasi dan gedung rawat jalan di Puskesmas Pringsurat Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, rabu (4/9/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala DKK Kabupaten Temanggung, Muspika Kecamatan Pringsurat, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Temanggung, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Temanggung, Kepala UPT, Kepala Desa se-Kecamatan Pringsurat, Toga (Tokoh Agama), Tomas (Tokoh Masyarakat), Toda (Tokoh Adat) se-Kecamatan Pringsurat serta Tamu Undangan.

Dengan dibangunnya gedung ini maksudnya untuk meminimalisir kejadian kematian pada anak dan juga untuk peresmian gedung rawat jalan kepada penderita dan masyarakat bisa dilayani tanpa harus ke Rumah Sakit yang jaraknya lebih jauh.

Dalam sambutanya Kepala DKK Kabupaten Temanggung Dr. Suparjo, M.Kes menyampaikan, “sampai saat ini dari 26 Puskesmas yang ada di Temanggung Puskesmas Pringsurat merupakan no 17 Puskesmas ramah anak dan untuk tahun depan harus semua Puskesmas ramah anak. Terimologi Puskesmas ada Puskesmas Ramah anak, Puskesmas Peduli Remaja dan Puskesmas lanjut usia. Ramah anak itu bisa meliputi sarana dan prasarana dimana harus ada ruang tumbuh kembang anak, laktasi, ruang bermain anak, pelayanan juga harus ramah anak jadi semua kebutuhan tumbuh kembang anak tersedia. Dengan launching ini kami berkomitmen adanya rawat jalan dan ramah anak
tahun ini, kabupaten Temanggung dalam program KB mendapatkan peringkat dari Pratama menjadi madya.” Jelasnya.

Drs. Heri Agung Prabowo mewakili Bupati Temanggung mengucapkan “selamat dan sukses launching Puskesmas ramah anak dan tempat bermain anak harus dijaga perawatan, pelayanan gizi kepada anak-anak yang harus memadai, tenaga medis khusus untuk bidang anak. Dengan adanya puskesmas ramah anak kesehatan dapat meningkatkan pelayanan dengan baik dan memacu kepada puskesmas – puskesmas lainnya,” pungkasnya.

Acara berjalan sesuai rencana selanjutnya di serahkan SK Bupati oleh Pj Setda kepada kepala puskesmas Pringsurat dan dilanjutkan pemotongan tumpeng dan pita oleh Bupati Temanggung atau yang mewakili sebagai tanda telah diresmikan gedung unit rawat jalan dan gedung imunisasi puskesmas Pringsurat. (Ririn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed