by

Penyerahan “BATIK WAHYU PULUNG TEJO” Mbahto Ke Sesepuh Tejosari

-Artikel-103 views

3 Buah 3 Bungkus BATIK WAHYU PULUNG TEJO diserahkan Mbah To ke Ki Joko S. Kasepuhan Tejosari Tejowangi Purwosari Pasuruan Jawa Timur.

Malam Minggu Wage (54 Hitungan Hari Pasarannya adalah Minggu berangka 5 dan Wage berangka 4, 5 dan 4 dijumlah jadi 9, 9 itu Nawa dalam bahasa jawa kuno, sehingga bisa berbunyi Nawa dan bermakna Nawa Itunya :Nawaitu adalah Kerentek Niat Hajat Kajatnya) adalah Malam yang sangat bersejarah dalam menyerahkan 3 Bungkus 3 Lembar BATIK WAHYU PULUNG TEJO oleh Mbah To Pembatik BATIK SPIRITUAL asal Dusun Sendi Desa Gedangan Kecamatan Pandaan Pasuruan Jawa Timur, kepada Sesepuh Kasepuhan Tejosari, Ki Joko Gaharuh di Pendopo SEKAR TAJI Dusun Tejosari Tejowangi Purwosari Pasuruan Jawa Timur Indonesia.

Inilah Lanjutan Sejarah Dari Penyerahan BATIK MAPAK PULUNG TEJO (11/09/2020) menjadi BATIK WAHYU PULUNG TEJO (29/11/2022).

Serial : Penyerahan BATIK MAPAK PULUNG TEJO

Purwosari, Semalam 10/09/2020 pukul 23.00 WIB hingga saat saat itoe, telah terjadi Sejarah Peristiwa Kejadian dan Kisah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu “Warisan Seni Budaya Internasional Indonesia”, dari Almarhum Mas Bintang Cahyono Dharmo, berupa MAL BATIK “Mapak Pulang Tejo”, sudah berhasil di tirakati dan di jalani oleh Ki Kasto alias Mbah To selama 40 hari lamanya dan di serahkan kepada Ki Joko Gaharuh, atawa Ki Joko S. sebagai penerima amanah MAL “Motif BATIK Indonesia bertaraf Internasional dan Universal tersebut,” dari almarhum Seniman Seni Rupa, Seni Pahat dan Seni Lukis Tingkat Dunia Internasional, yaitu almarhum Mas Bintang Cahyono Dharmo, bertempat di Purwosari Pasuruan Jawa Timur, tertanggal, 11 September 2020.

Prosesi Penyerahan Untuk Acara Tgl 3 dan 4 November 2022.

Persiapan Pagelaran Wayang Kulit Purwo Semalam Suntuk dari tanggal 3 November 2022 Malam Jam 19.00 ds 21.00 WIB hingga selesai Jam 03.00 sd 04.00 WIB tanggal 4 Novwmber 2022..

Kolaborasi 3 Kasepuhan

Kasepuhan Kebon Candi Gondangwetan Pasuruan, Ki Winarno Sabda, selaku Pimpinan Sanggar Budaya Ngesti Wedharing Budaya, yang menjadi Dalang Pamungkas Acara Pagelaran Wayang Kulit Purwo dengan Lakon TUMURUNE WAHYU PULUNG TEJO.

Kasepuhan Djoglo Kedjayan Kejayan Pasuruan, Ki Harso Waluyo, yang bakal menjadi Dalang Pembuka Pagelaran Wayang Kulit Purwo dengan Lakon TUMURUNE WAHYU PULUNG TEJO tersebut.

Kasepuhan Djoglo SEKAR TAJI, Joglo Gaharuh Ki Joko S. selaku tuan rumah acara Pagelaran Wayang Kulit Purwo dengan Lakon TUMURUNE WAHYU PULUNG TEJO.

Semua di iringi dan di gelar bersama seperangkat Alat Gamelan Lengkap Pelog Slendro, beserta Panjak dan Sindennya dari Sanggar Budaya Ngesti Wedharing Budaya.

Tambahan Dari Ki Suwarno Kasepuhan Padepokan Nriman Mukibat Purwosari Purworejo Pasuruan Jawa Timur adalah :

Pelaksanaan Prosesi Penyerahan Kepada 3 Kasepuhan

Spiritualnya Sabtu Pon Minggu Wage sudah diterima 3 Bungkus 3 Lembar BATIK WAHYU PULUNG TEJO oleh Kasepuhan Tejosari,

Ritualnya Spiritual Penyerahan ke 3 Lembar BATIK WAHYU PULUNG TEJO kepada masing masing dari 3 Kasepuhan dilakukan pada Kamis Pon Malam menuju Jumat Wage…
Jumat 6, wage 4 dijumlah lengkap 10, saat sesudah Pagelaran Wayang Kulit Purwo Lakon TUMURUNE WAHYU PULUNG TEJO sempurna digelar secara fisik, sosial, mental dan spiritual.

Penulis & Aplikator : Guntur Bisowarno

Kontributor