by

Pelatihan Pengembangan Produk Pangan Lokal oleh KKN-T MBKM UNISRI Kelompok 6

-Daerah-141 views

Wartaindonews, Solo – Masih kurangnya pemanfaatan jagung di Desa Kwadungan menjadi produk pangan juga menjadikan salah satu alasan untuk mengembangkan bahan pangan lokal untuk menjaga ketahanan pangannya.

Salah satu produk yang bisa dikembangkan dari bahan pangan jagung adalah susu jagung. Dilihat dari sisi manfaatnya, susu jagung memilki keunggulan yang lebih daripada susu yang sudah ada. Susu jagung masuk ke dalam kategori minuman yang sehat karena bisa membantu untuk proses diet dan menyehatkan tubuh karena mengandung rendah kolestrol. Selain itu bahan yang digunakan juga mudah ditemui dan harganya terjangkau.

Dalam rangka mendukung upaya tersebut kegiatan Pelatihan Pengembangan Produk Pangan Lokal Berbahan Dasar Jagung sangat berguna dalam memanfaatkan bahan pangan yang ada. Kegiatan tersebut memberikan pemaparan materi terlebih dahulu mengenai susu jagung, manfaat dari susu jagung, bahan yang digunakan, dan proses pembuatannya melalui video.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ibu-ibu PKK di Dusun Majan, Desa Kwadungan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Pembicara dalam kegiatan tersebut ialah saudari Biru Ningrum perwakilan dari Tim KKN-T MBKM UNISRI 2022 Kelompok 6. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Agustus 2022.

Adapun tujuan dari pelatihan tersebut, sebagai berikut:

1. Memanfaatkan hasil pertanian serta meningkatkan nilai tambah jagung

2. Mengembangkan produk pangan lokal yang berpotensial guna mempertahankan ketahanan pangan

Kegiatan pelatihan ini memiliki manfaat, antara lain:

1. Memanfaatkan peluang usaha produk pangan dari bahan pangan lokal

2. Meningkatkan ketahanan pangan produk pangan lokal

Kontributor