by

Pantau Lokasi Tanah Longsor, Kapolsek Pasirwangi Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Wartaindonews, Garut – Tanah longsor terjadi di Kampung Cihurip, Desa Padaawas. Longsoran dengan panjang 20 meter itu menutup akses jalan 2 kampung di Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi.

“Untuk longsor saat ini kami masih bersihkan bersama-sama masyarakat, bahu-membahu, untuk mengevakuasi tanah dan batu yang memutus jalan kampung tersebut. Ikut terlibat Masyarakat dan Polri,” ungkap Kapolsek Pasirwangi AKP Zainuri kepada wartawan Saat meninjau langsung kelokasi longsor Rabu (04/03/2020).

Longsor terjadi pukul 05.00 WIB akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan Pasirwangi, Kabupaten Garut sejak Selasa sore hingga dini hari.

Lokasi yang berbukit dengan tebing yang cukup tinggi serta struktur tanah mudah bergerak, dan daya resap air rendah sehingga mengakibatkan tebing mudah longsor.

“Curah hujan memang tinggi sejak Selasa sore hingga dini hari. Struktur tanah yang mudah gerak serta daya resap rendah menyebabkan longsor,” ujar AKP Zainuri.

Ia menambahkan proses evakuasi dibantu banyak warga. Polisi mengimbau para pengendara waspada.

“Kami mengimbau agar warga selalu waspada dan berhati-hati karena musim hujan yang masih berlangsung, dengan curah hujan yang tinggi. Dan apa bila terjadi tanah longsor agar melaporkan segera ke instansi terkait,” kata Kapolsek. (Dede)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed