by

PAGU Keberhasilan Kisah Melawan Covid-19 Pengalaman Sistem Kesehatan Masyarakat Indonesia

-Artikel-222 views

Wartaindonews — Jujur saja sebelum mereka ribut minta lock down. Aku sempat mengalami semua gejala terpapar Covid-19. 2 minggu sebelum aku merasakan gejala itu, aku habis melakukan perjalanan ke luar kota naik bus umum. Dan dua hari sebelumnya aku habis hujan hujan pagi sambil bersepeda sehabis antar kue dan beli ikan di pasar tradisional.

Jadi awalnya aku gak terlalu peduli saat tubuh mulai terasa demam. Aku kira itu akibat habis kena hujan, karena biasanya emang gitu kalo habis hujan-hujan tubuh terasa sedikit demam plus sedikit pusing. Dan hari itu aku emang habis hujan hujan pagi.

Mulai curiga karena 2 hari kemudian demam gak turun, dada mulai sesak, dada sebelah kanan bagian atas juga terasa sakit, tengorokan kering banget sampe sakit rasanya, tulang belakang dari atas sampai bawah dan pundak sebelah kanan terasa sangat sakit. Lutut juga sakit, tapi itu sudah biasa.

Aku sempat berkeinginan untuk periksa, tapi aku urungkan. Syukurnya aku dapat banyak informasi yang dikirim by WA oleh pak Guntur yang mantan dosen farmasi & apoteker. Beralih menjadi terapis yang bergelut pada dunia Herba.Salah satunya beliau mengatakan Covid-19 bisa diatasi dengan Sambiloto. Dasar beliau, malah berkata “wong HIV aja lewat mosok virus Corona kebal. sontoloyo…” gitu katanya (eh sebetulnya bahasanya jauh lebih kasar dari itu, ku perhalus gak sanggup aku nulisnya).

Jadi selain bolak balik minum air putih yang berakibat bolak balik ke kamar mandi, aku juga jadi rajin cuci tangan. pokoke mau pegang atau setelah pegang sesuatu aku cuci. Anjuran tidak sentuh, mata, hidung, dan mulut juga aku patuhi.

Tidak lupa minum segelas wedang jahe + sere kalo sore, ditambah 1 butir vitamin C, 2 butir capsule sambiloto, plus satu sendok makan VCO (sendoknya aku pake yang cekung banget. Hanya ada 2 biji di rumah, entah itu sendok zaman tahun kapan).

Jadi apa yang berperan sangat penting? Sambiloto kah? VCO kah? Entahlah. Yang jelas 2 hari kemudian rasa sakit semua mulai perlahan mereda. Dan hilang sama sekali setelah 1 minggu. Selanjutnya aku masih rutin minum wedang jahe & sesekali minum capsule herba Sambiloto. Seluruh anggota rumah juga melakukannya.

Meski beliau bilang Sambiloto bisa digunakan sebagai vaksin Covid-19. Tapi bukan cuma sambiloto yang aku minum, so aku pikir kombinasi semuanya berperan.

Selain itu aku juga mandi teh kelor panas. Tehnya 1 panci besar dicampur air dingin 3 hari sekali. Sebenarnya Ini kebiasaan udah lama. Jauh sebelum Covid-19 aku sudah sering melakukannya. Terutama kalo tubuhku berasa capek semua, hasilnya rasa capek hilang, rambut pun halus.

Jadi insyaallah aku udah melalui Covid-19. Semoga.

Ingat saat kalian mengalami gejalanya… Jangan takut, jangan panik, minum vitamin, banyak istirahat. Plus jangan lupa buah & rempah nusantara yang memiliki kandungan anti oksidan, dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Kurasa gak perlu disebutkan, udah seabrek info yang membahas soal itu. Kelebihannya tanaman itu mudah kita dapatkan di pasar tradisional, hasil pertanian anak bangsa. (hehe… Ini tambahan sebagai anak petani yang mencintai dunia tani)

Terakhir… aku ucapkan terimakasih kepada group JN (Jamu Nusantara) atas dukungan ilmunya yang meyakinkan. Bahwa solusi covid ada dalam antibodi diri. Juga kepada seluruh sumber jamuan yang saya pake di atas.

 

 

Oleh: She Na

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed