by

ODGJ di Cilawu, Yudha Puja Turnawan: Pemda Harus Perhatikan ODGJ Sesuai UUD No 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa

-Nasional-347 views

Wartaindonews, Garut – Keberadaan orang dengan gangguan jiwa perlu mendapat perhatian dari pemerintah, meskipun selama ini ada perhatian khusus namun belum menyentuh semua Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Di Kampung Bisoro, RT 02, RW 14 Desa Margalaksana, Kecamatan Cilawu misalnya. Orang dalam gangguan jiwa yang sangat membutuhkan perhatian.

Tak hanya itu saja, orang dengan gangguan jiwa ini juga tidur dengan beralaskan tanah, meskipun ada keluarganya.

“Pemerintah daerah harus pro aktif dengan adanya fenomena Orang Dalam Gangguan Jiwa ( ODGJ ) Ini, Kalo yang di temukan barusan kan ada keluarganya, Cuman keluarganya kebingungan, pertama ODGJ nya tidak mau di rumah dan suka ngamuk ngamuk dan tidak pernah mau di rumah di luar seperti tadi kita saksikan tiduran di luar di atas tanah, tadi kami menyumbangkan uang tunai untuk membangunkan bilik di luar bersama RW setempat,” Kata Yudha usai memberikan uang tunai dan bingkisan Paket Sembako, Kamis (27/05/2021).

Lanjut Yudha, Pemerintah Daerah ( Pemda ) harus bisa menangani ini karena memang sesuai amanat Undang Undang No 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa.

“Tentu Pemerintahan, baik pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah berkewajiban dalam penanganan Kesehatan Jiwa ini,” Kata Yudha.

Yudha menambahkan, tentu tadi sepertinya tidak memilik Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) tentu pertama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bisa turun tangan dulu untuk menerbitkan identitas untuk ODGJ tersebut.

“Agar nanti Dinas Sosial maupun Dinas Kesehatan bisa menangani entah di bawa ke pusat rehabilitasi di luar kota di cisarua atau di garut ini, Jadi Pemda Garut harus Asertif Pro Aktif dalam fenomena ini, Karena ini adalah amanat dari Undang Undang,” Pungkasnya. ( MD Sumarna )

Comment

Leave a Reply

News Feed