by

Musrenbang Desa Mekargalih 2020 Untuk Penyusunan RKPD 2021

Wartaindonews, Garut – Dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun anggaran 2021 pemerintah Kecamatan Tarogong Kidul menggelar Musrenbang tingkat Kelurahan dan Desa Tahun 2020 dari tanggal 06-21 Januari 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Permendagri 86 Tahun 2017 tentang TATA CARA PERENCANAAN, PENGENDALIAN DAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH, TATA CARA EVALUASI RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG DAERAH DAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH, SERTA TATA CARA PERUBAHAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG DAERAH, RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH, DAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka perlu dibahas para pemangku kepentingan (Stakeholder) dalam menyelaraskan pembangunan yang dihasilkan masing-masing jenjang pemerintahan melalui forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa / Kelurahan dan Kecamatan.

Salah satunya yang dilaksanakan di Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, nampak hadir dalam Musrenbang tersebut Camat Tarogong Kidul Drs Doni Rukmana, Kasi PMD Eris Rospitaningsih, SE, Kepala Desa Mekargalih, Sekertaris Desa Mekargalih, para ketua lembaga di desa yakni LPM, PKK, MUI, RT /RW, tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan tokoh Pemuda serta tamu undangan lainnya.

Camat Tarogong Kidul Drs Doni Rukmana didampingi Kasi PMD Eris Rospitaningsih, SE menyampaikan kegiatan ini adalah dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun Anggaran 2021 di wilayah pemerintahan Kecamatan Tarogong Kidul. Ucapnya saat ditemui disela kegiatan musrembang , Selasa (14/01/2020)

Lanjut dikatakan Doni kegiatan musrenbang ini meliputi beberapa bidang diantaranya Bidang Infrastruktur, Bidang Ekonomi, Bidang Pemerintahan serta Bidang Sosial dan Budaya.

“Jadi jika ada program sebelumnya belum terlaksana akan dibahas dalam musyawarah kali ini serta diusulkan menjadi program prioritas tahun ini. Dan nanti hasil dari pengajuan tersebut akan di bahas di Musrenbang Kecamatan dan diajukan kembali di Musrenbang tingkat Kabupaten,” paparnya.

Camat pun berharap Kegiatan yang dilaksanakan bisa mendorong percepatan visi misi kabupaten Garut yang Bertaqwa , maju dan sejahtera, ”menurunkan kemiskinan, dan dapat meningkatkan IPM , ( bidang kesehatan, pendidikan dan daya beli masyarakat ),” pungkasnya. (Dede)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed