by

Meninggal Mendadak Jatuh Ditempat Kerja di Taiwan, Jenazah Tiba Dirumah Duka Semalam di Jombang, Jawa Timur

Wartaindonews, JOMBANG – Seorang Tenaga Kerja Indonesia atau TKI asal Jombang, Jawa Timur, meninggal ditempat kerjanya di Taiwan.

Korban bernama Jan Rasmono (40), asal Dusun Tawangsari, Desa Sengon, Kecamatan Jombang, Jawa Timur, ini meninggal 10 Mei lalu. Dan jenazah baru tiba di rumah duka pada Jumat (24/05/2019) dini hari.

Jan Rasmono sendiri merupakan TKI yang sudah tiga tahun bekerja di Taiwan. Bapak satu anak yang sudah duduk dibangku kelas II SMA ini bekerja disebuah perusahaan furniture dan berangkat melalui PT. MLS, penyalur resmi tenaga kerja Indonesia yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur.

Ditemui dirumah duka, Ibu korban, Simpen (62), mengaku tak menyangka bahwa anaknya yang sudah bekerja selama tiga tahun ini meninggal dunia di Negeri orang secara mendadak. Wanita paruh baya ini pun mengaku pertama kali mendapat kabar anak pertamanya dari tiga bersaudara ini dari rekan kerjanya di Taiwan.

Oleh rekanya itu, pria berstatus dua ini diinformasikan meninggal saat sedang bekerja. Korban tiba-tiba jatuh setelah sebelumnya mengeluhkan nyeri dibagian dada pada rekan kerjanya, yang juga berasal dari Indonesia.

“Saya ditelpon temannya yang berasal dari Jawa juga, bahwa Jan sudah meninggal, dia dibawa ke Rumah Sakit sebelum sampai sudah meninggal, saya kaget dan nggak menyangka dikabari seperti itu karena sebelumnya tidak ada keluhan,” ujar Simpen, Jumat (24/05/2019) siang.

Suasana duka pun nampak masih menyelimuti rumah mendiang Jan Rasmono di Dusun Tawangsari, Jombang. Dikatakan Simpen, anaknya yang akrab disapa Nono tersebut bekerja dengan kontrak selama tiga tahun di Taiwan. Namun pihak perusahaan kembali memperpanjang kontrak kerjanya tersebut selama tiga tahun lagi.

Padahal rencananya, Jan akan mendapat cuti dan pulang ke kampung halaman pada Bulan Juli mendatang.

“Mendiang sudah tanda tangan kontrak perpanjangan kerja lagi, tapi takdir berkata lain,” tutur Simpen.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang, Purwanto membenarkan bahwa ada TKI asal Jombang meninggal dunia di Taiwan. TKI bernama Jan Rasmono tersebut meninggal pada 10 mei lalu.

Mengenai penyebab, sejauh ini pihaknya baru mendapat informasi bahwa sebelum meninggal, korban diduga sakit mendadak dan jatuh pingsan ditempat kerjanya.

Pihaknya pun langsung mengirimkan Satgas TKI untuk mendampingi pihak keluarga menjemput jenazah TKI malang ini ke Bandara Juanda Surabaya. Jenazah Jan Rasmono kemudian diantar ke rumah duka menggunakan ambulance yang sudah disiapkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur.

“Soal penyebab kami sejauh ini mendapat laporan tertulis bahwa yang bersangkutan jatuh ditempat kerja dan dibawa ke rumah sakit lalu meninggal dunia,” tandas Purwanto. (Iman)

 

Suarabmi.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed