by

Mengapa Kopi Lanang Diburu?

Wartaindonews, PAGARALAM – Sekarang para penggemar kopi sedang memburu kopi lanang? Apa itu kopi lanang, bagaimana bisa terjadi kopi lanang, apa khasiat kopi lanang?

Kopi lanang masih asing didemgar telinga senagian orang, tapi tidak untuk para penggemar kopi , apa itu kopi lanang?
Kopi lanang adalah jenis kopi yang langkah asalnya adalah buah pohon kopi biasa, sebagian orang menyebutnya kopi
peaberry, yaitu bua /biji kopi yang mengalami kelainan atau anomali di antara buah/ biji kopi lainnya yang ada di Dempo Selatan, Pagaralam, Sumatera Selatan, Senin 5/8/2019.

Karena anomali inilah maka kopi lanang menjadi istimewa, mengapa mengalami kelainan?
Dilihat dari bentuk bijinya. Karena kopi ini dikenal cacat, maka bentuk bijinya terlihat aneh daripada kopi pada umumnya, kopi lanang dalam satu buah kopi hanya terdapat satu biji, beda dengan kopi biasa di mana satu buah kopi ada pasangannya yaitu terdapat dua biji kopi.

Keunikan bentuk kopi lanang terlihat jelas berbeda dengan kopi biasa, di mana pada saat panin petani langsung memisahkan kopi lanang dari buah kopi biasa.

Pertanyaan mengapa kopi ini dapat berbentuk seperti ini?
Sebenarnya kopi lanang adalah kopi cacat bukan tanpa sebab;
pertama adalah tidak optimalnya penyerbukan putik bunga pada tanaman kopi, yang diakibatkan serangga ataupun angin, juga kelainan genetika sehingga bentuknya berbeda dari kopi biasa.

Biasanya pohon kopi yang sudah belasan tahun (kopi tua) dapat menjadi penyebab anomali buah kopi tersebut karena penyerbukan bunga kurang sempurna yg dapat menghasilkan buah kopi lanang.

Kopi lanang itu jelas terbentuk secara alami, bukan dan tidak mungkin direkayasa, beda dengan kopi luak nisa saja direkayasa, dengan cara memelihara luak kemudian diberi makanan buah kopi, tapi kalau kopi lanang terbentuk secara alami.

Prosentase buah kopi lanang pada setiap pohon kopi saat panen berkisar 5 % dalam 1 kg biji kopi hanya terdapat sekitar 0,5 ons kopi lanang.

Mengapa kopi lanang diburu oleh pecandu penikmat kopi?
Banyak orang beranggapan bahwa meminum kopi lanang bagi pria dewasa
mampu, dapat mengurangi resiko diabetes, memperlancar peredaran darah, menghilangkan rasa pusing.

Ada seorang petani kopi profesional di Tanah Besemah (Pagaralam) Bapak Nopran Mardjani yang setiap kali panin selalu mensortir kopi lanang dari kopi biasa dan dijadikan bubuk kopi khusus; Kopi Tenar Petik Merah berasal dari Kopi Lanang, apalagi beliau memetik kopi nya selalu menunggu sampai merah tua.

Kopi menghasilkan banyak khasiat untuk kesehatan, terlebih meminum kopi lanang yang tergolong istimewa, silahkan dicoba, demikian tutur Susno Duadji mantan Kabareskrim polri. (Susno Duadji/Iman Borneo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed