by

Memasuki Musim Kemarau, Babinsa Akan Terus Aktif Dampingi Petani

-TNI-776 views

Wartaindonews, Cilacap – Bertempat di Balai Desa Mulyasari, Kecamatan Majenang, Babinsa Koramil 13/Majenang Sertu Slamet mendampingi para petani mengikuti Sosialisasi percepatan cocok Tanam Musim kemarau (TM II) Desa Mulyasari Tahun 2019, Rabu (12/06).

Sosialisasi tersebut dihadiri kurang lebih 30 orang peserta yang terdiri dari Ppl Pertanian Desa Mulyasari, Tasrini, para Kepala Dusun Desa Mulyasari serta Gabungan Kelompok Tani/Gapoktan Desa Mulyasari. Tampak hadir pula Kepala Desa Mulyasari Tohari.

Menurut Sertu Slamet, tugas seorang Babinsa berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografis, demografi serta kondisi sosialnya. Seorang babinsa melaksanakan fungsi pembinaan guna mencapai kemajuan di wilayah binaanya.

Selain itu babinsa juga harus aktif berkomunikasi dengan semua element masyarakat sehingga tahu permasalahan yang ada di wilayah, sekaligus mampu ikut serta menyelesaikan masalah tersebut, dan melaporkannya ke komando atas.

Terkait kegiatan ini, dia berharap pendampingan yang rutin dilakukannya kepada para petani dengan memberikan wawasan dan semangat serta membantu petani mulai dari proses pengolahan tanah, pemilihan bibit, masa tanam hingga pasca panen akan memberikan dampak bagi peningkatan hasil pertanian.

” Pada musim kemarau kali ini yang menjadi kendala petani di Kecamatan Majenang terutama Desa Mulyasari adalah kurangnya pasokan air untuk pertanian, sehingga perlu adanya dibuat giliran antar Gapoktan yang membutuhkan pengairan, dengan harapan air dapat terbagai rata menyeluruh untuk tanam padi dan tanaman lainnya seperti tanaman palawija seperti jagung, kacang tanah, kacang hijau dan kedelai sehingga di musim TM II ini para petani tetap bisa bercocok tanam.” Terang Sertu Slamet. (Urip/Ririn SDN)

Kontributor

Comment

Leave a Reply