by

Masyarakat Tawangmangu Laksanakan Tradisi Dawuhan

-Budaya, Daerah-556 views

Wartaindonews – KARANGANYAR. Warga masyarakat Beji, Kelurahan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar melakukan tradisi kegiatan Dawuhan dilingkungan Desa Beji, selasa (26 Maret 2019).

Kegiatan ini diikuti oleh warga lingkungan Beji dan diikuti serentak oleh satu Kebayanan Beji dan dihadiri pula oleh tokoh Desa dan pemangku adat di lingkungan Beji. Tradisi Dawuhan yang jatuh pada hari Selasa Kliwon penegakan penanggalan jawa dilaksanakan sebelum masuk bulan Ruwah.

Dawuhan adalah bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia air yang selalu mengalir, kebetulan beberapa hari lalu bertepatan dengan Hari Air Sedunia.

Ini adalah salah satu rangkaian dari tradisi bersih Dusun yang akan di laksanakan 35 hari setelah Dawuhan. Yang kebetulan juga jatuh pada hari Selasa Kliwon juga.

Dawuhan adalah salah satu budaya Jawa warisan dari para leluhur yang masih tetap di jaga oleh seluruh warga. Dan bentuk rasa syukur warga atas limpahan rahmat rejeki berupa sumber air yang selalu mengalir yang di sebut dengan Dawuhan.

“Kita harus selalu menjaga budaya dan adat istiadat yang masih berjalan di lingkungan Desa Beji, karena ini adalah bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta Alam atas nikmat yang selalu dilimpahkan kepada kita semua dan hal ini wajib kita uri-uri dan lestarikan”, tutur Bapak Jumadi Bayan Desa Beji.

Acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan makan bersama seluruh masyarakat dan pemangku adat serta tokoh masyarakat dengan bekal berupa ayam panggang dan tumpeng komplit. Setelah itu menabur bunga di sungai sekitar celangap (ujung sumber air) untuk menghormati air. (Tutty F)

Comment

Leave a Reply

News Feed