by

Mahasiswa Uniga Ikuti Pelatihan dan Edukasi Literasi Digital Dari BRIN

-Nasional-47 views

Wartaindonews, Garut – Lebih dari seratus mahasiswa Universitas Garut (Uniga) dari Fakultas STISIP dan Pertanian mendapatkan pencerahan dan sosialisasi literasi di era digital dari Anggota DPR RI Dony Maryadi Oekon berkerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ballroom Hotel Santika, Cipanas, Garut, Rabu 26 Oktober 2022.

Dony mengatakan, literasi di era globalisasi ini sangat perlu diberikan pemahamannya kepada masyarakat terutama bagi mahasiswa. Ia menyebutkan, di era digital ini jangan sampai media sosial bukanya membantu tetapi malah menjerumuskan. “Atas dasar itu kami sengaja mengadakan pelatihan dan edukasi literasi digital ini untuk menambah ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa” Ucapnya.

Sementara itu, Handrini Arianti pemateri sekaligus Peneliti Pusat Riset dan Budaya BRIN mengatakan sangat penting saat ini untuk bisa memahami literasi di era digital.

“Tentu edukasi kepada mahasiswa ini sangat penting, terutama di era media sosial saat ini informasi begitu masif,” katanya.

Menurut Handrini, yang seringkali salah kaprah ketika banyak masyarakat yang mudah memberikan foto KTP kepada seseorang atau lembaga. Padahal KTP tersebut merupakan informasi penting yang harus dijaga kerahasiaannya.

“Misalkan, nih Pak RT meminta foto copy KTP untuk keperluan suatu hal, seharusnya tidak pelru diberikan langsung foto copy KTP nya, lebih baik di kirim nama dan alamat lengkap saja. Karena kita tidak tahu bisa saja foto KTP disalahgunakan oleh sebagian pihak. Ya kan, bisa saja digunakan untuk pinjam ke pinjol (pinjaman online) misalnya,” kata Handrini.

Terpisah disampaikan Dodi Yudiardi Wakil Dekan 3 Fisip Uniga. Ia menyambut baik dengan adanya literasi digital yang diselenggarakan oleh DPR RI bersama dengan BRIN. “Ini sangat penting bagi mahasiswa, dan ini menjadi pengetahuan baru bagi mahasiswa tentang literasi digital. Saya nilai bukan mahasiswa saja tetapi masyarakat juga perluk mengikuti acara atau literasi digital ini,” Katanya. (Dindin Herdiana) *

Kontributor