by

Mahasiswa KKNT-MBKM UNISRI Mengadakan Sosialisasi Pentingnya Berwirausaha dan Strategi Pengembangan UMKM di Desa Rejosari

-Artikel, Daerah-160 views

Wartaindonews, Karanganyar – Kuliah Kerja Nyata Tematik “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun 2022, Kelompok 32 dengan Bapak Sumaryanto S.E.,M.M. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengusung tema “UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi”  melakukan kegiatan sosialisasi “Pentingnya Berwirausaha dan Strategi Pengembangan UMKM” kepada ibu-ibu PKK Rt.03/Rw.01, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar pada hari Minggu jam 19.30 WIB (14/08/22)

Ita Dewi selaku pelaksana kegiatan ini, berharap untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman mengenai pentingnya berwirausaha dan pengembangan strategi UMKM guna meningkatkan kondisi perekonomian kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK Rt.03 Desa Rejosari. Kegiatan sosialisasi ini merupakan program kerja individu mahasiswa KKNT-MBKM UNISRI Kelompok 32.

Adanya kewirausahaan muncul sebagai wadah baru untuk memulai usaha kecil, yang dapat menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif dari para pelaku usaha. Oleh karena itu, pertumbuhan usaha kecil tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian dunia. “Berwirausaha merupakan kemampuan atau skill seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan taraf  hidup masyarakat,  meningkatkan kesenjangan sosial serta untuk memperoleh keuntungan demi memenuhi kebutuhan”. Ungkap Ita Dewi selaku pelaksana kegiatan.

UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki kekuatan bagi sistem keuangan dan perekonomian negara. Namun demikian, pengembangan UMKM masih memiliki berbagai macam kendala, salah satunya dari sisi akses pengelolaan modal. Seiring berkembangnya teknologi informasi, para pelaku UMKM ini bisa mendapatkan modal tambahan melalui sistem penggalangan dana yang dihadirkan oleh financial technology (fintech). Tujuan perusahaan fintech adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan serta mengakses seluruh informasi bidang keuangan.

Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan finTech Indonesia yang populer dan berkembang dengan cepat. Perusahaan-perusahaan ini juga sudah terdaftar di Otorisasi Jasa Keuangan (OJK), sehingga kredibilitas dari perusahaan tidak perlu diragukan lagi oleh masyarakat. Ada banyak sekali produk fintech yang terkenal di Indonesia yaitu Modalku, Kredivo, GO-PAY, OVO, Finansialku dan masih banyak lagi. Walaupun begitu, Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan FinTech yang akan Anda gunakan karena saat ini banyak sekali perusahaan FinTech yang tidak jelas keberadaannya. Usahakan untuk memilih perusahaan FinTech yang sudah terdaftar di Otorisasi Jasa Keuangan (OJK).

Kontributor