by

Lupa Matikan Tungku Api, Rumah Janda 70 Tahun Ludes Terbakar

-Nasional-16 views

Wartaindonews, Magetan – Kebakaran hebat terjadi di Desa Tapak, Kecamatan Panekan. Satu rumah beserta isinya ludes dilalap si jago merah.

Rumah yang di ketahui milik Sarijem (70) warga RT 04 RW 02,Desa Tapak, Kecamatan Panekan tersebut di amuk api sekitar pukul 7.30 Wib.

Kejadian diduga berawal sekitar pukul 6.30 Wib, saat itu Sarijem tengah menyalakan tungku api didapur untuk memasak air, dan ditinggal ketempat tetangganya.Namun tiba-tiba tanpa diketahui, api membesar dan menyambar seisi rumah.

“Kronologinya, korban menyalakan tungku api untuk memasak air, tapi ditinggal ke rumah tetangganya. Tiba-tiba api membesar dan membakar rumah tersebut,” kata Kapolsek Panekan, AKP Sukarno, Rabu (4/9).

Kapoksek menjelaskan, meskipun api dengan cepat membesar, namun karena gotong royong warga setempat, selang beberapa menit api bisa dipadamkan dan tidak merambat ke rumah bagian depan. “Berkat kerjasama warga dan Polsek Panekan, selang 30 menit api berhasil dipadamkan. Rumah bagian belakang langsung dirubuhkan agar tidak merambat ke rumah bagian depan,” jelas Kapolsek.

Sementara itu di sisi lain, salah satu anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Bhakti Mulya, Desa Tapak Kecamatan Panekan, Dimas Erindra Sutarno, mengatakan, meskipun wilayah Desanya jauh dari kota dan membutuhkan waktu lama untuk mendatangkan Pemadam Kebakaran (PMK). Namun karena anggotanya dan juga warga sudah terlatih, api bisa dengan cepat dipadamkan. “Desa kami jauh dari jangkaun PMK, maka dari itu kami KSB Bhakti Mulya selalu siap melakukan langkah-langkah awal sambil menunggu bantuan datang.Seperti ini tadi, kalau kami dan warga tidak cepat, api pasti sudah merambat ke rumah bagian depan,” tuturnya.

Beruntung dari peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun ludesnya rumah bagian belakang milik Sarijem diperkirakan mencapai Rp 30 Juta rupiah. (*)

 

Sumber: lensamagetan.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed