by

Lomba Train Naga, Layang-layang dan Mewarnai, Ramaikan Kegiatan Komsos Kreatif Kodim 0703/Cilacap

-Nasional, TNI-1,011 views

Wartaindonews, Cilacap – Lomba Train Naga, Layang-layang dan Mewarnai Gambar, ramaikan kegiatan Komsos Kreatif yang digelar Kodim 0703/Cilacap di Area Pantai Teluk Penyu Cilacap, Minggu (15/9/19).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dan menyambut HUT TNI ke 74. Dalam kegiatan ini, Kodim 0703/Cilacap menggandeng Paguyuban Pelangi Kabupaten Cilacap. Untuk lomba Train Naga, selain dari Kabupaten Cilacap juga diikuti dari wilayah lain yaitu dari wilayah Jogyakarta, Solo, Purworejo dan Magelang. Sedangkan untuk lomba layang-layang, mewarnai, workshop diikuti oleh peserta dari wilayah Cilacap.

Selain itu juga digelar Bazar UMKM. Berbagai lomba yang digelar ini untuk memperebutkan Dandim Cilacap Cup 2019, Cilacap Kite Exhibilitions Ke 22. Kegiatan ini disponsori Biznet, Oppo, Immo, PT ASS Jakarta, Bank Gunung Slamet, PDAM Cilacap, Hotel Daffam Cilacap, Yess Radio FM, Direktorat Jenderal Pajak Cilacap, PT Trisaka, Pabrik Es Saripetojo Cilacap, BKK Cilacap dan PT Bintang Putra Medika.

Dalam laporannya, Ketua Panitia dari Paguyuban Pelang Cilacap Suprianto, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksanannya acara Lomba Layang Layang Train Naga, Mewarnai Layang dan Membuat Layang, Dalam Rangka Peringatan HUT Ke-74 TNI dan HUT Ke-69 Kodam IV/Diponegoro bisa terlaksana dengan lancar.

Selaku Ketua Panitia dan atas nama Paguyuban Pelangi Layang layang Kabupaten Cilacap, Suprianto mengharapkan adanya tempat sebagai monumen Layang layang yang sudah tidak layak di terbangkan. Kami dari Pelangi siap mendukung dan meramaikan obyek wisata Teluk Penyu Cilacap kedepannya,” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutan Komandan Kodim 0703/Cilacap yang dibacakan oleh Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian menjelaskan bahwa Kegiatan Festival layang layang di Pantai Teluk Penyu Cilacap ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu menjadi hiburan bagi wisatawan dan warga sekitar. Festival ini bukan hanya menyajikan pemandangan berbagai jenis layangan di angkasa, lebih dari itu akan ada banyak program lainnya untuk wisatawan dan warga Cilacap.

Dengan adanya kegiatan ini Dandim optimis akan mendatangkan wisatawan ke Cilacap bisa terealisasi, wisatawan datang bukan hanya melihat keindahan alam tapi juga menyaksikan layang layang besar menghiasi langit Cilacap. ” Tujuan dari festifal ini untuk menjalin komunikasi sosial yang sehat, harmonis dan melalui tali silaturohmi TNI, Polri, Dinas intansi dan masyarakat Cilacap,” terang Dandim.

Saat diwawancarai Tim Media, selaku Ketua Penyelenggara Kasdim 0703/Cilacap kembali menjelaskan bahwa lomba yang digelar Kodim 0703/Cilacap ini untuk melestarikan budaya permainan yang sebelumnya merupakan permainan anak-anak.

“Adapun peserta Train Naga selain komunitas dari wilayah Kabupaten Cilacap, juga berasal dari daerah Jogja, Solo, Purworejo dan Magelang,” Jelas Kasdim.

Lebih lanjut Kasdim menjelaskan. Train Naga ini adalah sebuah layang-layang yang menggambarkan seekor naga yang terbang di udara dimana dalam penerbangannya membutuhkan tenaga atau power yang cukup besar. Pesertanya kurang kebih ada 60 club dan ada 136 layang-layang,” tandasnya. (Urip/Ririn)

Kontributor

Comment

Leave a Reply