by

Latar Belakang Gerakan Sandi Jamu Indonesia, Sandi Jamu Nusantara

-Artikel-441 views

Wartaindonews – YOGYAKARTA. Goa Sriti yang terletak di daerah Kulonprogo, Yogyakarta adalah markas laskar Pangeran Diponegoro dan tempat menyimpan bahan logistik, pangan, sandang, papan, obat-obatan dan persenjataan. 

Setelah dari Goa Selarong menuju ke dalam Goa Sriti tersebut, Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan oleh para pengikutnya, termasuk Kyai Mojo, Pangeran Abubakar, Basah Sentot Prawirodirjo, Basah Abdul
Kamil, Ngabei Joyokusumo, dan kawan-kawan, dengan gelar Sultan Abdul Hamid Heru Cokro Kabiril Mukminin Sayidin Panotogomo Khalifatullah Tanah Jawa.

Inspirasi inilah yang menyemangati dan menginspirasikan Guntur Bisowarno yang akrab dipanggil Guntur dari Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPD Bali, yang memegang Bidang Koperasi dan Ketahanan Pangan Organik.
Guntur juga punya jabatan sebagai Ketua Apoteker Saintifikasi Jamu Indonesia, dan Ketua Bamboo Spirit Nusantara, serta Gugus Tugas Jamu Nusantara, bersama Joko Prasetyo yang akrab dipanggil Joko.

Joko sebagai peracik pupuk dengan Teknologi Fisika Nano, juga Pemandu Budaya dan Sejarah Diponegoro serta Nyi Ageng Serang di Dukuh Gerpule, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo
Joko di AWPI memegang bidang Ketahanan Pangan Gerpule Kali Bawang, bertiga dengan Yusuf Kleco, yang juga Pemandu Budaya Sejarah Pangeran Diponegoro di Kawasan Gunung Kleco, Gunung Su dan Kedung Rong, dengan bidang usaha Perikanan Ikan Gurami, Porang Suwek, dan Jamu Indonesia, Sambiloto, Kunir Putih, Temulawak, Delingu, Pegagan Centella asiatica.

Setelah dari Goa Selarong Menuju ke dalam Goa Sriti tersebut, Pangeran Diponegoro di lantik menjadi Sultan oleh para pengikutnya, termasuk Kyai Mojo, Pangeran Abubakar, Basah Sentot Prawirodirjo, Basah Abdul
Kamil, Ngabei Joyokusumo, dkk. 

Dengan gelar Sultan Abdul Hamid Heru Cokro Kabiril Mukminin Sayidin Panotogomo Khalifatullah Tanah Jawa.

Obat-obatan pada waktu itu kebanyakan berupa herbal. Dari situlah mereka bertiga, Guntur, Joko dan Yusuf, menetapkan Gerakan Sandi Jamu Indonesia, Sandi Jamu Nusantara.

Apa yang dimaksud dengan Sandi Jamu Indonesia, Sandi Jamu Nusantara ? Guntur akan memaparkannya dalam artikel berikutnya.

 

Penulis :
Guntur Bisowarno,
Joko Prasetyo,
Yusuf Kleco
Ngadiman.

Editor : Dannyts

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed