by

Kunker Ke Garut Menko Perekonomian Beli Tas, Jaket Kulit, Dan Borong Dorokdok, Kerupuk Kulit

-Nasional-173 views

Wartaindonews, Garut – Mentri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut selama dua hari, Rabu-Kamis (20-21/04/2022).

Di hari ke dua, Mentri dan rombongan berkesempatan berkunjung ke Industri Kulit PT. Garut Makmur Perkasa (GMP) di Jl. Jendral Sudirman, Garut Kota, Kamis (21/04/022).

Selain berkeliling meninjau kawasan Pabrik berdialog tentang proses kulit, dan melakukan Penyerahan Penyaluran Kridit Usaha Rakyat (KUR) BNI pada UMKM pengrajin kulit, juga Menko sempat membeli Jaket, Tas Kulit dan memborong Dorokdok, Kerupuk kulit.

Menko Ekonomi juga didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beserta jajarannya. Kedatangan Menteri Kabinet Indonesia Maju ini disambut oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut, dan Pengurus PT. Garut Makmur Perkasa (GMP) selaku tuan rumah.

Airlangga menyampaikan, pihaknya sengaja melakukan kunjungan kerja untuk melihat ekosistem terkait dengan industri kulit dan juga UMKM berbasis kulit yang ada di Kabupaten Garut.

“Tadi kami sempat berdialog dengan masyarakat penerima manfaat program pemerintah kridit usaha rakyat (KUR) dan kami pun mengunjungi beberapa stand pada beberapa usaha UMKM kemudian memberikan pinjaman KUR sebesar Rp 500 Juta dari Bank BNI.” Kata Hartarto.

“Alhamdulillah mereka juga dalam masa pandemi Covid-19 tidak melakukan PHK terhadap karyawan nya,” Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga juga berdialog langsung dengan pemilik atau pelaku UMKM, mempertanyakan seputar kaitan jenis produk, lama usaha, perkembangan atau perputaran omzet dimasa pandemi hingga ketersediaan permodalan pelaku usaha. Adapun bantuan modal berupa kridit sebesar Rp 500 juta diberikan ke pemilik TAG Leather, Thadea Amirah Isaura.

“Allhamdulillah rizqi di bulan Ramadhan, stand bisa dikunjungi pak menteri, semoga dengan dikunjunginya stand saya oleh pak menteri, ini bisa lebih memajukan UMKM dan berdampak positif untuk usaha saya khususnya,” ucap Thadea sumringah.

Ia juga bersyukur Menko sudah merekomendasikan Bank BNI untuk membantu modal usahanya.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan bersyukur Menko Airlangga bisa datang ke Kabupaten Garut dalam agenda kunjungan kerjanya. Dan tentu kunjungan kerjanya sangat mempunyai arti yang luar biasa bagi Kabupaten Garut.

Ia menjelaskan, program yang dicanangkan oleh Menko Perekonomian ini sangat terasa untuk Kabupaten Garut yang jumlah penduduknya kurang lebih 2,7 juta ini.

“Tentu kami berterima kasih bapak mengadakan kunjungan di saat kami juga sedang recovery untuk meningkatkan kembali semangat kita dari keterpurukan ekonomi,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Menko pun mendengarkan keluh kesah dari para pengusaha kulit. Salah satunya mengenai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kabupaten Garut yang harus mendapatkan revitalisasi dari pemerintah.(M.Rizki Fauzy)

Kontributor