by

Kunjungan Kerja Presiden RI dan Wakil Presiden RI di Bali, Pangdam IX/Udayana Tekankan 4 Pedoman Pam VVIP

-TNI-122 views

Wartaindonews, Denpasar – Pengamanan VVIP selalu dilaksanakan bersama dengan kekuatan dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya, baik pada even nasional maupun internasional, harus dapat memberikan jaminan keamanan yang terbaik dan maksimal. Untuk itu, segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini harus selalu kita laksanakan dengan sungguh-sungguh dan serius dan tidak ada istilah ini merupakan kegiatan rutinitas.

Demikian tegas Pangdam IX/Udayana Mayjen Benny Susianto, S.I.P., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, pada saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, yang dilaksanakan di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar, pada Kamis (8/8/2019).

Pangdam mengungkapkan, bahwa Apel Gelar Pasukan seperti ini sangat perlu dilakukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini disiapkan baik secara perorangan maupun satuan. Pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur Satgas serta langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan juga disesuaikan dengan Protap Pengamanan VVIP yang berlaku. Selain itu, juga untuk memastikan sinergitas dan kerjasama antar unsur pengamanan yang terlibat.

Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama Polda, Pemda setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Kemudian, agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan sesuai yang diharapkan, Pangdam menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh seluruh peserta apel.

“Pertama, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP. Kedua, pegang teguh disiplin dengan memahami Rantai Komando yang efektif dan efisien. Ketiga, tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembang. Keempat, jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal serta cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan,” demikian tegas Pangdam seraya menekankan apa yang disampaikannya agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Apel Gelar Pasukan yang dikomandani oleh Danyon Raider 900/SBW Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo tersebut dihadiri juga oleh Danrem 163/WSA, Para Kabalakdam IX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Dandenpom IX/3 Denpasar, LO AL, LO AU, Dansat Brimob Polda Bali, Kadis Ops Lanud, Kadis Ops Lanal, Kaur Ops Polda Bali, serta seluruh unsur Satgas Pam VVIP sekitar 1.319 personil.

Untuk diketahui, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta rombongan, pada kunjungan kerjanya kali ini di Provinsi Bali yakni dalam rangka menghadiri Kongres V PDI Perjuangan yang akan dilaksanakan pada Kamis-Minggu, 8-11 Agustus 2019, di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali. (SDN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed