by

Kunjungan Kerja Bupati Sragen dan Wakilnya di Kecamatan Gemolong Program Pemberantasan Sarang Nyamuk

Wartaindo.news – Sragen. Bupati Sragen dan Wakilnya melakukan kunker (kujungan kerja) di wilayah gemolong. Melaksanakan progam pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan membagikan sejumlah tanaman pengusir nyamuk. Minggu (17-02-2019)

Rangkaian kegiatan kunker Bupati Sragen Hj. Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Di kecamatan Gemolong, pagi pukul 06.30 Wib Bupati Sragen Di Desa Peleman melaksanakan apel siaga DBD di lapangan Ds. Peleman, Kec. Gemolong. Di lanjutkan Sosialisasi PSN dan kerja bakti di dukuh Mbolong Rt 2/Rw 2 Kel. Gemolong, Kec. Gemolong pada pukul 07.30 Wib.

Acara yang berikutnya pukul 08.30 Wib Bupati Sragen juga melaksanakan sosialisasi dan kerja bakti di Dk. Sendang Sampir Rt 08/Rw 09 Kel. Kwangen, Kec. Gemolong.

Bupati Sragen Hj. Dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati membagikan tanaman yang dapat mengusir nyamuk kepada warga masyarakat. Jenis tanaman tersebut serai wangi, lavender dan rosemary. Manfaat ataupun gunanya tanaman ini merupakan salah satu cara untuk mengusir nyamuk, sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak di sekitarnya.

Amanat atau himbauan Bupati Sragen Hj.Dr.Kusdinar Untung Yuni Mengatakan, “melaksanakan gerakan pemberantasan nyamuk (PSN) adalah progam penanggulangan dan pengendalian Demam Berdarah yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang merupakan salah satu progam prioritas di bidang kesehatan yang memerlukan penanganan secara komprehensif oleh berbagai pihak baik lintas program maupun lintas sektor termasuk LSM, organisasi profesi dan seluruh masyarakat,” Jelasnya.

Mengingat peningkatan penderita DBD dibulan ini maka mari kita semua perlu melakukan beberapa tindakan pemberantasan nyamuk yang diantaranya,

1. Menguras, menutup dan mengubur
2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk
3. Tempat di beri kelambu sehingga saat tidur terjaga dari nyamuk
4. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk
5. Menanam tanaman pengusir nyamuk
6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah
7. Menghindari kebiasaan menggantungkan pakaian di dalam rumah yang biasa menjadi tempat nyamuk.

Dengan cara-cara itu untuk mencegah penyakit DBD dan memberantas sarang nyamuk, sehingga hidup sehat. Saya harapkan tinjauan jentik-jentik nyamuk terus berkesinambungan untuk hari selanjutnya dan penderita DBD di kabupaten Sragen akan menurun,” Imbuhnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed