by

Komunitas GUSDURian Gorontalo : Pertanian Lokal Antara Teknologi dan Kearifan

-Artikel-92 views

BANTHAYO GUSDUR, Komunitas GUSDURian Gorontalo, Kembali mengajak Kita.

Teman-teman yang baik, Pesta Seni Panen Padi, Maa Ledungga, sedang berlangsung! Ini hajatannya para petani!

Untuk itulah, Komunitas GUSDURian Gorontalo, mengajak Anda untuk bisa meramaikan pameran dan berdiskusi lebih lanjut soal kaum tani dan masalah-masalah pertanian!

So here we are, GUSDURian Gorontalo proudly shares:

BANTHAYO GUSDUR

Pertanian Lokal: Antara Teknologi dan Kearifan

Diskusi ini akan dilaksakan di salah satu lokasi pameran, yakni di Gilingan Padi Ka Jami, dengan menghadirkan Yowan Tamu (akademisi UNG) dan Jemi Monoarfa (petani lokal)!

Sampai ketemu di Huntu Art Distrik, sore ini, teman-teman!

Dengan suasana yang santai dan nyaman, Kita bisa ngobrol bareng dan berbincang bincang Perihal Pertanian Kita, Perihal Peradaban Kita, Perihal Teknologi Pertanian Berbasis Kearifan Lokal Kita, tak lupa sambil seruput dan celeguk celeguk kopi Asli Indonesia, Kopi yang sebenarnya Kopi.

Apa itu Gusdurian :

Gusdurian merupakan kelompok yang beranggotakan individu, komunitas, atau lembaga yang sama-sama memiliki pemikiran untuk meneruskan perjuangan Gus Dur. Fokus gerakan ini ialah pada isu-isu tertentu. Di antaranya ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan, kearifan tradisi.

Sesungguhnya jaringan komunitas dan individu pengagum pemikiran Gus Dur ini merupakan kelompok yang netral dan tidak mau terlibat politik praktis.

Apa Itu Huntu Art Distrik :

Profil Hartdisk:
Huntu Art Distrik (Hartdisk) merupakan komunitas atau lebih tepatnya studio bersama teman-teman lintas bidang dan komunitas, baik dari seni rupa, seni pertunjukan, sastra, lingkungan, budaya, dan, pangan lokal. Kami memulai kegiatan sejak 2012 yang saat itu masih bernama kelapabatu hingga tahun 2018 di tepi danau Limboto. Kegiatan tersebut merespons Danau Limboto termasuk danau terkritis di Indonesia yang mengalami pendangkalan berat akibat sedimentasi. Tahun 2018 kami mulai mengalihkan kegiatan ke Desa yang juga merupakan letak studio Hartdisk di Desa Huntu Selatan. Dimulai dengan Pesta Seni Panen Padi “Maa Ledungga #1” Mei 2018, selanjutnya Pesta Seni Panen Padi “Maa Ledungga #2” Desember 2019 hingga Januari 2020. Mulai tahun 2020 hingga sekarang kami menginisiasi program Studio Pangan Warga dan Pasar Seni Warga bersama ibu-ibu warga desa Huntu Selatan.

Apa itu Kearifan Lokal :

Kearifan lokal merupakan bagian dari budayasuatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal (local wisdom) biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut. Kearifan lokal ada di dalam cerita rakyat, peribahasa, lagu, dan permainan rakyat. Kearifan lokal sebagai suatu pengetahuan yang ditemukan oleh masyarakat lokal tertentu melalui kumpulan pengalaman dalam mencoba dan diintegrasikan dengan pemahaman terhadap budaya dan keadaan alam suatu tempat.

Apa Itu Teknologi :

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Demikianlah bahan Kita untuk Ngobrol Bareng dan Bincang Bincang Santai bersama Seruput Kopi Asli Indonesia, Kopi yang sebenarnya Kopi.

Penulis : Biyung AR.

Sumber : Jemi Monoarfa

Editor : Guntur Bisowarno

Kontributor