by

Komunitas di Karanganyar Gawangi Sapu Bersih Sampah di Kemuning

-Daerah-200 views

Wartaindonews, KARANGANYAR – Info Cegatan Karanganyar (ICK) bersama komunitas lain di Karanganyar seperti Info Warga Karanganyar, CAKRA, CINKA, RENDAN, KRI, PETEWELE 78 dan beberapa komunitas lain Karanganyar dan Solo menggawangi sapu bersih sampah dan SWP di Kemuning Ngargoyoso Minggu 08 September 2019.

Melihat sampah yang berserakan, sisa dari bungkus makanan dan minuman disepanjang jalan menuju wisata kebun teh kemuning yang dibuang oleh para wisatawan yang berkunjung kebun teh kemuning para komunitas Karanganyar dan Solo tergerak hatinya untuk membersihkan dan memusnahkannya.

Mereka menyadari bahwa sampah plastik tidak bisa diurai oleh alam dalam jangka pendek dan harus dibersihkan dan dikumpulkan baru dimusnahkan dengan dibakar. Bila tidak dibersihkan, sampah plastik akan mengganggu ekosistem dialam bebas.

Memang perlu ditumbuhkan kesadaran masyarakat kita untuk bisa membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan, tapi tidak semua orang punya kesadaran itu. Oleh karenanya tidak heran bila tempat-tempat wisata sering terlihat sampah yang berserakan.

Selain sapu bersih sampah, kali ini semua komunitas juga melakukan SWP (menandai jalan yang rusak dan berlubang dengan disemprot Pilok) untuk menjaga dan memberi tahu pengendara agar mereka lebih berhati-hati dalam melintasi jalan yang rusak tersebut.

“Hal yang tidak pernah terpikirkan oleh warga sekitar sini untuk melakukan sapu bersih disepanjang jalan ini, suatu hal yang sangat kita apresiasi karena justru dari komunitas Karanganyar dan Solo yang melakukannya,” tutur Gus Ipul, pemilik RM Jawa tempat kita istirahat setelah acara dengan bangga.

Ketua ICK Firdaus menambahkan, “Inilah rasa kepedulian kami, rasa cinta kami pada alam ini, kalau tidak kita-kita yang peduli, siapa lagi. Sedikit aksi dari kami, semoga bisa bermanfaat buat orang lain, terutama kelestarian lingkungan hidup dan alam ini.”

Dapat sehatnya, bersih jalan dan lingkungannya, juga sedikit bisa membantu para pengendara yang melintas di jalan kemuning, sehingga mereka merasa nyaman dalam berwisata bersama keluarga di bukit Kemuning. (Tutty F)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed