by

Komitmen Tangani Karhutla, Kapolres Bersama Tim Bermalam di TKP

Wartaindonews, Bengkalis – Serius dan komitmen dalam mengatasi dan menangani Karhutla, Jajaran Polda Riau- Polres Bengkalis bersama Tim sampai menginap di TKP dan memiliki semboyan “Tidak akan pulang sampai api padam”, patut diapresiasi. Terbukti dari kegiatan pemadaman dan pendinginan Karhutla sampai hari kelima di Jalan Penuntun Makmur, Dusun Hutan Samak, RW.09/RT.02 Desa Titiakar, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (18/01/2020) pukul 15.00 Wib.

Adapun lahan kebun kelapa sawit seluas +/- 10 Ha yang terbakar dan sedang dipadamkan ini berbatasan dengan HPT Kecamatan Rupat Utara, namun belum diketahui jelas siapa pemiliknya, sehingga masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian beserta aparat desa setempat. Diketahui, kondisi tanah yang sedang terbakar ini adalah tanah liat kering dan keadaan lahan penuh dengan semak belukar ditambah cuaca kemarau/panas dan disertai angin kencang mengakibatkan api mudah menjalar, namun walaupun demikian tidak menyurutkan semangat Tim dalam memadamkan api hingga tuntas.

Personil yang berjibaku dalam memadamkan api terdiri dari anggota Polri yang dipimpin oleh Kapolres Bengkalis AKPB Sigit Adiwuryanto SIK MH beserta 20 personil, BPBD 10 personil, MPA 25 personil, TNI 10 personil, Damkar Rupat Utara 6 personil, Manggala Agni DaOps Dumai 5 personil, dan masyarakat (Pemilik kebun) 30 orang. Dan peralatan yang digunakan untuk pemadaman adalah 3 unit Mesin Max Tree, 1 unit mesin mini striker, 3 unit mesin Robin dengan panjang selang 600 meter.

Kapolres Bengkalis mengungkapkan selama pemadaman tidak ada kendala selain arah angin yang berubah-ubah.

“Selama pemadaman yang menjadi kendala hanya arah angin yang berubah-ubah, tapi saat ini api sudah padam, namun masih terdapat asap kecil sisa-sisa kebakaran, dan itu tidak menutup kemungkinan api hidup kembali apalagi cuaca panas dan angin kencang”, ungkap AKBP Sigit.

Tambah Sigit, “Saya menghimbau kepada personil Polsek Rupat Utara dan Bhabinkamtibmas tetap melakukan koordinasi dengan Pihak Desa Titiakar agar selalu memantau perkembangan api yang sudah kita padamkan ini”, pungkasnya. (hms/EHR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed